Kinerja Pegawai Seksi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengurusan Surat Keterangan Izin Usaha Di Kantor Lurah Oesapa, Kecamtan Kelapa Lima Kota Kupang

DHONE, Maria Seravina (2023) Kinerja Pegawai Seksi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengurusan Surat Keterangan Izin Usaha Di Kantor Lurah Oesapa, Kecamtan Kelapa Lima Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (184kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul:“Kinerja Pegawai Seksi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengurusan Surat Keterangan Izin Usaha Di Kantor Lurah Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang”. Kerangka teori yang di gunakan untuk menjelaskan masalah pokok penelitian dibangun dari konsep yang memuat ukuran kinerja pegawai menurut (Robbins, 2016:20) yang menyebutkan bahwa ukuran kinerja pegawai dapat dilihat melalui 3 poin diantaranya adalah kualitas hasil pekerjaan, kuantitas hasil pekerjaan, dan ketetetapan waktu. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui, observsi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan surat keterangan izin usaha pada kantor Lurah Oesapa Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang secara umum dikatakan baik namun bisa disebut belum efektif. Hal ini karena dalam memberikan pelayanan terhdap pengurusan surat keterangan izin usaha sering mengalami kendala. Sehingga menyebabkan masyarakat menunggu dalam waktu yang lama untuk bisa mengambil surat keterangan izin usaha karena kurangnya skil karyawan terhadap berkas-berkas pemohon seperti, kesalahan mengetik nama, tanggal, dan tahun yang ada di data masyarakat. Faktor penghambat aktivitas diantaranya adalah kendala kurang disiplin karyawan dalam kedisiplinan waktu, masih ada karyawan yang sering datang terlambat singga membuat masyarakat harus menunggu lama, dan kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat tentang pengurusan surat keterangan izin usaha di Kantor Lurah Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Sehingga membuat masyarakat kurang paham dalam mengurus surat tersebut dan banyak masyarakat yang menganggap bahwa surat izin usaha itu tidak penting. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diajukan adalah bahwa Kantor Lurah Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang lebih tegas lagi kepada karyawan yang sering tidak taat dalam kedisiplinan waktu, tidak teliti terhadap data masyarakat seperti, (pengetikan nama, tanggal, dan tahun), dan jarang memberi sosialisasi pentingnya surat keterangan izin usaha agar masyarakat dapat mengerti tentang pengurusan surat keterangan izin usaha tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pegawai, Pengurusan Surat Keterangan Izin Usaha.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Maria Seravina Dhone
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:25
Last Modified: 08 Aug 2023 03:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12946

Actions (login required)

View Item View Item