Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Pengelolaan Potensi Ekonomi Desa Kuanheun Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang

WULAN, Noyavika Teodora Wulan (2023) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Pengelolaan Potensi Ekonomi Desa Kuanheun Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Nama Noyavika Teodora Wulan ( 31119062).program studi ekonomi Pembangunan dibawah bimbingan Ibu Emiliana Martuti Lawalu,SE.,ME dan Pak Adrianus Ketmoen SE,MM Judul Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tetus Dalam Pengelolaan Potensi Ekonomi Desa Kuanheun Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang”. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1)Bagaimana Gambaran Potensi Ekonomi Desa Kuanheun Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. 2) Bagaimana Peran Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) Tetus dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa Kuanheun Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. 3) Bagaimana pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tetus untuk unit usaha Air Bersih, Jasa Sewa, Kredit/Pinjaman Desa Kuanheun Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gamabaran potensi ekonomi Desa Kuanheun Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang, untuk mengetahui peran badan uasah milik desa (BUMDes) dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa Kuanheun Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang dan unttuk mengetahui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tetus untuk unit usaha air bersih, jasa sewa, kredit/pinjaman. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengambarkan bawah bumdes tetus memiliki tiga program yakni unit Air Bersih, Jasa Sewa, Kredit/Pinjaman. Dari tiga program yang ada untuk pengelolaan potensi ekonomi, program yang berjalan maksimal adalah Unit Air Bersih dan Jasa Sewa. Untuk program kredit/ pinjaman tidak berjalan baik karena kurangnya SDM. Dalam proses pengelolaan BUMDes Tetus berjalan belum maksimal karena dari tiga program yang direncanakan hanya dua program, yakni Air Bersih Jasa Sewa yang berjalan maksimal sedangkan untuk program kredit/pinjaman belum maksimal karena terkendala sumber daya manusia. Kendala lain yang ditemukan adalah partisipasi masyarakat yang belum maksimal dalam mendukung program Bumdes. Untuk itu diharapkan bawah program bumdes akan berjalan maksimal sesuai dengan direncanakan apabila dukungan dari masyarakat dan kerjasama yng baik antara pengelola bumdes,aparat desa dan masyarakat. Untuk SDM perlu adanya pelatihan dan pengembangkan SDM agar program bumdes dapat berjalan demi pengelolaan potensi ekonomi desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Potensi Ekonomi Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E noyavika Teodora Wulan
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:59
Last Modified: 08 Aug 2023 04:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12953

Actions (login required)

View Item View Item