Evaluasi Program Peningkatan Produksi Panen Untuk Kesejahteraan Petani Di Desa Keluwain Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur

PALANG, Stephania Julianti Ina (2023) Evaluasi Program Peningkatan Produksi Panen Untuk Kesejahteraan Petani Di Desa Keluwain Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembangunan daerah yang pada umumnya disebabkan karena sektor pertanian yang belum dikelola secara optimal, salah satunya seperti penyusutan lahan produktif akibat alih fungsi lahan, terjadinya pelandaian produksi, deteorisasi infrastruktur irigasi sehingga menyebabkan stagnasi produksi yang menyebabkan kegagalan panen. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana evaluasi program peningkatan produksi panen di Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur. Program ini dirancang untuk meningkatkan produksi panen dengan mengimplementasikan teknologi dan praktik pertanian modern. Evaluasi ini akan memberikan wawasan tentang keberhasilan, tantangan, dan dampak dari program- program yang dijalankan dalam mencapai tujuan program peningkatan produksi panen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai evaluasi program peningkatan produksi panen untuk kesejahteraan petani di Desa Keluwain. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evaluasi program menurut William N. Duun (2000) yaitu efektifitas, kecukupan, penerapan, responsibilitas, dan ketetapan. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini menggunakan 3 indikator yaitu Efektifitas, Kecukupan dan Penerapan. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara dengan kepala dinas, penyuluh pertanian, kepala desa dan petani, serta analisis dokumentasi terkait program peningkatan produksi panen. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis kualitatif untuk mengidentifikasi terlaksananya program. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi program peningkatan produksi panen di Desa Keluwain belum berjalan optimal. Hal ini dilihat dari belum sepenuhnya keterlibatan dari para petani yang terkait dalam program peningkatan produksi panen, pihak-pihak terkait belum sepenuhnya memperhatikan jalannya program, masih ada dari para pelaksana yang pemahamannya terbatas, dan belum sepenuhnya sosialisasi dan koordinasi yang menyentuh petani. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi dan saran bagi pemerintah, lembaga pertanian, dan petani dalam merancang program peningkatan produksi panen yang lebih efektif. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hal-hal yang mempengaruhi terlaksananya program peningkatan produksi panen, sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan dalam bidang pertanian. Berdasarkan hasil analisis data dan kesimpulan, peneliti memberikan saran mengenai penelitian ini yaitu meningkatkan koordinasi, sosialisasi dan kerjasama diantara para pihak yang terkait dalam program peningkatan produksi panen, perlu adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari para pelaksana, dan Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur harus turun langsung dalam memberikan sosialisasi bagi para petani di Desa Keluwain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Produksi Panen, Evaluasi Program.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Stephania Julianti Ina Palang
Date Deposited: 09 Aug 2023 00:07
Last Modified: 09 Aug 2023 00:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12987

Actions (login required)

View Item View Item