ARSELINDA, Maria Constantina (2019) Penerapan Teknik Self Management Melalui Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
|
Text
BAB 1 KASET.pdf Download (177kB) |
|
Text
BAB II KASET.pdf Download (269kB) |
|
Text
BAB III KASET.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB IV KASET.pdf Download (735kB) |
|
Text
BAB V KASET.pdf Download (291kB) |
Abstract
Judul skripsi : Penerapan Teknik Self Management melalui Konseling Kelompok dapat Mengurangi kecanduan media sosial Siswa (studi deskriptif kuantitatif pada siswa kelas XI IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2018/2019). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik self management melalui konseling kelompok dapat mengurangi kecanduan media sosial siswa kelas XI IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik self management melalui konseling kelompok dalam mengurangi kecanduan media sosial siswa kelas XI IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan nilai thitung sebesar 3,759 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,776. Dengan demikian nilai thitung > nilai ttabel . Hal ini menunjukan bahwa teknik self management melalui layanan konseling kelompok signifikan mengurangi kecanduan media sosial siswa kelas XI IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan teknik self management melalui konseling kelompok dapat mengurangi kecanduan media sosial pada siswa kelas XI IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan simpulan di atas, maka peneliti mengemukakan saran sebagai berikut: 1) Peserta didik diharapkan agar lebih aktif mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik self management yang disediakan oleh pihak sekolah sehingga siswa dapat mengurangi kecanduan media sosial. 2) Guru bimbingan dan konseling sekolah, hendaknya secara berkesinambungan memberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik self management kepada siswa untuk mengurangi kecanduan media sosial. 3) Guru mata pelajaran diharapkan untuk menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, inovasi dan kreatif yang memungkinkan siswa tidak bermain ataupun menggunakan media sosial selama kegiatan belajar berlangsung di kelas. 4) Kepala sekolah selaku penanggungjawab sekolah agar meningkatkan dukungan dengan menyediakan fasilitas yang menjadi sarana prasarana bagi guru BK dalam memberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik self management kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 04:18 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 04:18 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1316 |
Actions (login required)
View Item |