Analisis Pengelolaan Pinjaman Dana Bergulir Tahun Anggaran 2021 (Studi Kasus Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nagekeo)

DOGO, Priscila Atisarina (2023) Analisis Pengelolaan Pinjaman Dana Bergulir Tahun Anggaran 2021 (Studi Kasus Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nagekeo). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (310kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan pinjaman dana bergulir pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nagekeo dan apakah faktor-faktor yang menyebabkan kemacetan pengembalian pinjaman dana bergulir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pinjaman dana bergulir dan faktor-faktor yang menyebabkan kemacetan terhadap pengembalian dana bergulir pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nageko. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.Data primer berupa hasil wawancara dengan karyawan Dinas Koperasi,UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nagekeo dan data sekunder berupa data kredit macet dan juknis atau Peraturan Bupati mengenai pengelolaan dana bergulir. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) pengelolaan dana Bergulir di Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nagekeo diawali dengan mekanisme penyaluran dana, pelaksanaan dana bergulir, seleksi penerima dana, besaran dan sumber dana,ketentuan kredit/pinjaman dana; penyaluran dan penggunaan dana, mekanisme pengembalian dan sanksi bagi penunggak; 2) pengembalian dana bergulir dari penerima ke pihak Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Nagekeo mengalami kemacetan dan faktor penyebabnya adalah banyaknya penerima kredit salah gunakan kredit yang diperolehnya, banyak penerima kurang mampu mengelola usahanya, penerima tidak komitmen dengan Perjanjian Kontrak Sosial dengan pihak penyalur, dan kurangnya kesadaran penerima atas tanggung jawabnya dalam mengembalikan kredit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dana Bergulir, Pengelolaan, Kredit Macet
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Priscila atisarina dogo
Date Deposited: 20 Aug 2023 23:59
Last Modified: 20 Aug 2023 23:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item View Item