Pengenalan Teknik Dasar Permainan Recorder Sopran Menggunakan Lagu Rayuan Pulau Kelapa Pada Siswa/siswi Kelas VII SMP Negeri 1 Fatuleu Kabupaten Kupang

TANIOE, Nathania (2023) Pengenalan Teknik Dasar Permainan Recorder Sopran Menggunakan Lagu Rayuan Pulau Kelapa Pada Siswa/siswi Kelas VII SMP Negeri 1 Fatuleu Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)

Abstract

Pengenalan musik Recorder merupakan pengenalan awal tentang alat musik pada siswa/siswi SMP N1 Fatuleu.Peneliti melakukan pengenalan musik recorder berdasarkan hasil observasi dan wawancara terkait aktivitas belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa/siswi. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengenalan recorder sopran yang dilakukan pada siswa/siswi kelas VII SMP N 1 Fatuleu menggunakan metode imitasi dan drill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengenalan recorder pada siswa/siswi kelas VII. Subjek dalam penelitian adalah 10 siswa/siswi kelas VII. Menggunakan metode penelitian tindakan lapangan. Dengan memperoleh data melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menunjukan fenomena yang terjadi pada lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran pengenalan teknik dasar recorder pada siswa/siswi kelas VII menggunakan metode imitasi dan drill berjalan dengan baik, meski dalam pembelajaran terdapat beberapa masalah yang mempersulit siswa/siswi dalam pembelajaran. Tapi melalui pengajaran secara terus-menerus dan berulang-ulang mampu membuat siswa/siswi menyesuaikan dengan baik. Dan dapat disimpulkan melalui metode yang digunakan dalam pengenalan teknik bermain musik recorder mampu membuat siswa/siswi mengerti, memahami teknik bermain yang baik dan benar serta mampu memberikan hasil dalam bentuk penyajian ansambel recorder menggunakan lagu Rayuan Pulau Kelapa secara sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ansambel, rayuan pulau kelapa, recorder, metode imitasi dan drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Nathania Tanioe
Date Deposited: 21 Aug 2023 00:41
Last Modified: 21 Aug 2023 00:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13177

Actions (login required)

View Item View Item