Pembelajaran Tari Raga Sae Modifikasi Pada Siswa Kelas Xl SMKN 1 Borong Manggarai Timur

ANGKUR, Faldiana (2023) Pembelajaran Tari Raga Sae Modifikasi Pada Siswa Kelas Xl SMKN 1 Borong Manggarai Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB lV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tarian tradisi yaitu Tari Raga Sae yang berasal dari daerah Manggarai, tarian ini mulai jarang dijumpai dikarenakan kurangnya minat masyarakat terlebih generasi muda, hal ini disebabkan oleh gerakan pada tarian ini yang masih sangat sederhana. Oleh karena itu peneliti berniat untuk memodifikasi tarian ini dengan menambahkan beberapa gerakan, dari permasalahan tersebut peneliti mengambil dua rumusan masalah yaitu 1) Bagaimanakah langkah-langkah proses pembelajaran Tari Raga Sae modifikasi etnis Manggarai pada siswa kelas Xl SMKN 1 Borong Manggarai Timur, 2) Bagaimanakah penyajian Tari Raga Sae modifikasi etnis Manggarai pada siswa kelas Xl SMKN 1 Borong Manggarai Timur. Dengan rumussan masalah tersebut, maka tujuannya adalah 1) Agar dapat mengetahui bagaimana langkah-langkah proses pembelajaran Tari Raga Sae modifikasi pada siswa Kelas Xl SMKN 1 Borong, 2) Agar dapat mengetahui bagaimana penyajian Tari Raga Sae modifikasi etnis Manggarai pada siswa kelas Xl SMKN 1 Borong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan lapangan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah drill dan imitasi dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga teknik yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran Tari Raga Sae pada siswa kelas Xl SMKN 1 Borong dilaksanakan dalam waktu tujuh kali pertemuan dan melalui tiga tahap, yakni tahap awal merekrut siswa-siswi dan menjelaskan sinopsis Tari Raga Sae, dimana tarian ini merupakan tarian tradisi yang biasa dipentaskan pada upacara adat Penti dan kenduri. Tahap inti memperkenalkan dan mempelajari gerakan asli Raga Sae serta empat gerakan modifikasi Tari Raga Sae. Tahap akhir dilakukan pementasan Tari Raga Sae. Kesulitan yang dialami selama proses latihan diantaranya penari yang kurang serius dan penari yang badannya masih kaku serta kesulitan menghafal gerakan. Bentuk penyajian Tari Raga Sae modifikasi dilakukan secara berkelompok yang mana tarian ini ditarikan oleh 11 orang anggota tari dan dipentaskan dilapangan terbuka, pada pementasan tarian ini juga mengutamakan tiga unsur penting dalam tari yaitu wiraga dituangkan lewat gerakan badan penari, wirasa disampaikan lewat mimik wajah penari serta wirama yang mengutamakan keserasian antara gerakan dan musik pengiring. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran Tari Raga Sae pada siswa kelas Xl SMKN 1 Borong sudah cukup baik, oleh karena itu hal tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi siswa untuk terus berlatih agar dapat menguasai setiap gerakan Tari Raga Sae.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tari Raga Sae modifikasi, drill, imitasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Faldiana Angkur
Date Deposited: 27 Aug 2023 04:27
Last Modified: 27 Aug 2023 04:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item