Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 5 Kupang

ROSMANA, Martha (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 5 Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran tipe Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 5 Kupang yang berjumlah 29 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dengan model pembelajaran tipe Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS versi 22.0. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas untuk data pretest dan data posttest. Dari hasil analisis untuk data pretest diperoleh nilai. . (2 − ) = 0.200 > 0.05 dan = 0.104 < 0.246 = maka H0 diterima, dan disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan data posttest diperoleh nilai . . (2 − ) = 0.720 > 0.05 dan = 0.155 < 0.246 = maka H0 diterima, dan disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan paired sampel test, setelah data dianalisis diperoleh nilai . (2 − ) = 0.000 < 0.05 dan = −15,422 < −2,048 = − maka H ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran tipe Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tidak ada kata kunci
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 22 Jan 2020 00:55
Last Modified: 22 Jan 2020 00:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item