Pembelajaran Tari Eneneng Etnis Lamaholot Sebagai Tarian Penjemputan Tamu Pada Kelompok Karang Taruna Desa Muda Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur

MUDA, Susanti Esmeralda (2023) Pembelajaran Tari Eneneng Etnis Lamaholot Sebagai Tarian Penjemputan Tamu Pada Kelompok Karang Taruna Desa Muda Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)

Abstract

Eneneng (nige neba, soka selen) merupakan tari keriangan bersahaja, tanpa gerakan rumit. Bagaimana berwiraga—kelenturan gerak, berwirama—kesesuaian gerak terhadap irama, dan berwirasa—olah rasa dan ekspresi, sangat dituntut agar diterapkan penarinya. Jenis tari yang dipakai dalam penelitian ini adalah tari berkelompok yang diangkat dengan judul “Pembelajaran Tari Eneneng Etnis lamaholot Sebagai Tarian Penjemputan Tamu Pada Kelompok Karang Taruna Desa Muda Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pembelajaran gerak tari Eneneng pada kelompok Karang Taruna Desa Muda, Bagaimana struktur tarian Eneneng pada kelompok Karang Taruna Desa Muda, serta Apa Manfaat tarian Eneneng untuk kelompok Karang Taruna Desa Muda. Tujuan dari penelitian ini adalah agar anak-anak muda lebih banyak belajar tarian Eneneng, dengan latihan-latihan yang terpola dan strategis dilakukan untuk mencapai kesesuaian pola yang tepat, Wawancara terbuka dan terbatas dengan salah seorang penari tradisional Eneneng di Desa Muda, dan observasi singkat pada kegiatan-kegiatan masyarakat yang menyertakan tarian Eneneng di dalamnya, serta anak-anak muda semakin memahami secara dalam dan tepat tentang tradisi daerah setempat, serta mampu mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode Imitasi. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan teknik studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Tari Eneneng Etnis Lamaholot Sebagai Tarian Penjemputan Tamu Pada Kelompok Karang Taruna Desa Muda Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur banyak memberikan perubahan. Penulis melihat adanya perubahan pada anak-anak muda, dalam hal ketertarikan yang mendalam pada tarian tradisional Eneneng dan semua anggota Karang Taruna semakin antusias dalam menggerakan organisasi ini dengan adanya penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tari Eneneng Penjemputan Tamu, Imitasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Esmeralda Susanti Muda
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:08
Last Modified: 31 Aug 2023 06:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13497

Actions (login required)

View Item View Item