Analisis Pendapatan Usahatani Buah Naga (Studi Kasus Kelompok Tani Oefeu Di Desa Nunmafo Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara)

BOISALA, Jean J. Gregorio (2023) Analisis Pendapatan Usahatani Buah Naga (Studi Kasus Kelompok Tani Oefeu Di Desa Nunmafo Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Jean J. Gregorio Boisala (31118107) Program Studi Ekonomi Pembangunan di bawah bimbingan, Pembimbing 1 Ibu Enike Tje Yustin Dima. SE.,ME dan Pembimbing II Ibu Emiliana Martuti Lawalu. SE.,ME dengan Judul Penelitian “Analisis Pendapatan Usaha Tani Buah Naga (Studi Kasus Kelompok Tani Oefeu Di Desa Nunmafo Kecematan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara”. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana gambaran usaha tani buah naga di Desa Nunmafo?. 2) Bagaimana pengaruh modal, harga dan luas lahan secara simultan terhadap petani buah naga di Desa Nunmafo ?. 3) Bagaimana pengaruh modal, harga dan luas lahan berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan petani buah naga di Desa Nunmafo ?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gambaran usaha tani buah naga di Desa Nunmafo. 2) Untuk mengetahui pengaruh modal, harga dan luas lahan secara simultan terhadap pendapatan petani (buah naga) di Desa Nunmafo. 3) Untuk mengetahui pengaruh modal, harga dan luas lahan berpengaruh secara persial terhadap pendapatan petani (buah naga) di Desa Nunmafo. Hasil penelitian diperoleh dari variabel : Modal, Harga, dan Luas Lahan berpengaruh positif dan signifikan secara persial terhadap Pendapatan Petani Buah Naga di Desa Nunmafo. Sedangkan variabel Modal, Harga dan Luas Lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel Pendapatan Petani Holtikultural (buah naga) di Desa Nunmafo. Dengan hasil Koefisien Determinasi Goodness of fit test (R2) sebesar 0.986 atau 98,6% Variabel Dependen (pendapatan petani) mampu dijelaskan oleh variabel-variabel Independen Modal, (X1) = 0.0416 atau 4,16%, Harga (X2) = 0.00 atau 0%, Luas Lahan (X3) = 0.007 atau 0,7%. Sedangkan 5% sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini. Dengan hasil penelitian ini disaranakan kepada Petani holtikultural (buah naga) di Desa Nunmafo harus meningkatkan jumlah produksi buah naga dengan menambah areal luas tanam serta melakukan kegiatan penanganan hama agar dapat meningkatkan pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modal, Harga, Luas Lahan, Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E Jean J. Gregorio Boisala
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:47
Last Modified: 04 Sep 2023 03:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item View Item