Pengaruh Variasi Suhu Dan Variasi Jumlah Tumbukan Pada Pemadatan Berat Untuk Campuran Panas Lapis Aspal Beton Asphalt Concrete - Wearing Course (Laston AC - WC) Menggunakan Material Dari Quarry Takari

DOS REIS, Auria Sandra Jelia Delima (2023) Pengaruh Variasi Suhu Dan Variasi Jumlah Tumbukan Pada Pemadatan Berat Untuk Campuran Panas Lapis Aspal Beton Asphalt Concrete - Wearing Course (Laston AC - WC) Menggunakan Material Dari Quarry Takari. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (364kB)

Abstract

Asphalt Concrete - Wearing Course (AC-WC) adalah lapisan penutup konstruksi perkerasan jalan yang mempunyai nilai struktur. Campuran ini terdiri atas agregat bergradasi menerus dengan aspal keras, dicampur, dihamparkan, dan dipadatkan dalam keadaan panas pada suhu tertentu. Laston AC-WC adalah lapisan perkerasan yang berhubungan langsung dengan kendaraan, lapisan kedap air dan tahan terhadap cuaca, dengan tebal 4 cm digunakan sebagai lapis permukaan jalan pada lalu lintas berat. Pada penelitian ini dilakukan variasi suhu pemadatan 130ºC dan 150°C dengan variasi jumlah tumbukan 2 x 65, 2 x 75 dan 2 x 85 pada campuran Laston AC –WC dengan menggunakan material dari Quarry Takari milik PT. Bumi Indah yang terletak di Kabupaten Kupang dengan tujuan agar dapat mengetahui pengaruhnya terhadap nilai – nilai parameter marshall. Hasil pengujian material yang diperoleh yaitu pengujian Penyerapan Air Agregat Kasar (Batu Pecah ¾ = 0,957), (Batu Pecah ½ = 1,270 ). Penyerapan Air Agregat Halus (Abu batu = 2,187), (Pasir = 2,145) dan Pengujian Abrasi sebesar 23,70% memenuhi standar Spesifikasi Bina Marga Tahun 2018, Revisi 2 dengan Kadar Aspal Optimum yang didapat adalah 6,10%. Dari hasil penelitian yang diperoleh material dari Quarry Takari yang dapat digunakan pada campuran panas Laston (AC –WC) yaitu pada suhu pemadatan 130°C dengan jumlah tumbukan 2 x 75, 2 x 85 dan suhu pemadatan 150°C dengan jumlah tumbukan 2 x 65, 2 x 75 dan 2 x 85.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Laston (AC – WC), Variasi Suhu, Variasi Jumlah Tumbukan, Marshall
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Auria Sandra Jelia Delima Dos Reis
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:19
Last Modified: 04 Sep 2023 03:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13646

Actions (login required)

View Item View Item