Pengaruh Parkir Di Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Timor Raya Km 8+800 Sampai Dengan Km 9+000

LIFU, Aldi Fernando (2023) Pengaruh Parkir Di Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Timor Raya Km 8+800 Sampai Dengan Km 9+000. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (610kB)

Abstract

Pembangunan aktivitas sosial-ekonomi terjadi secara linear terhadap jaringan jalan. Sepanjang tepi jalan Timor Raya Timor Raya Km 8+800 sampai dengan Km 9+000 kini makin tinggi hambatan sampingnya, baik akibat parkir kendaraan pada badan jalan, maupun akibat kendaraan masuk-keluar persil (akses) dan pejalan kaki di bahu jalan serta penyeberang jalan. Permasalahan lalu lintas yang timbul akibat aktivitas kendaraan yang parkir di badan jalan ini tentunya merugikan pengguna jalan seperti saat kendaraan parkir atau pun saat kendaraan keluar dari parkir, oleh karena itu pengendalian parkir di ruas jalan Timor Raya Km 8+800 sampai dengan Km 9+000 merupakan hal yang paling penting di lakukan untuk mengendalikan lalu lintas agar kemacetan, polusi, kebisingan dapat diminimalisir. Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). diketahui volume puncak terjadi pada hari Senin, 08 Mei 2023 jam 17.30-18.30 wita dengan jumlah 2162,75 Smp/jam, kapasitas 2366,63 Smp/jam, dan kinerja ruas Jalan Timor Raya, Oesapa Km 8+800 sampai dengan Km 9+000, berada pada tingkat pelayanan E dengan nilai DS 0,91. dengan kecepatan arus bebas kendaraan ringan 35,8 km/jam dan kecepatan rata-rata 22 km/jam. pada kondisi tanpa parkir kendaraan ringan (LV) dan kendaraan berat (HV) pada badan jalan, masuk tingkat pelayanan D dimana nilai DS sampai pada angka 0,78, dengan kapasitas 2781,83 smp/jam, kecepatan arus bebas kendaraan ringan 38,9 km/jam dan kecepatan rata-rata 28 km/jam. Sedangkan pada kondisi tanpa parkir pada badan jalan masuk tingkat pelayanan C dimana nilai DS sampai pada angka 0,71, dengan kapasitas 3019,31 smp/jam, kecepatan arus arus bebas kendaraan ringan 42,6 km/jam dan kecepatan rata-rata 32 km/jam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Parkir, Lalu lintas, Kemacetan, Kinerja Ruas Jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T ALDI FERNANDO LIFU
Date Deposited: 06 Sep 2023 05:40
Last Modified: 26 Mar 2024 05:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13782

Actions (login required)

View Item View Item