Keanekaragaman Dan Kelimpahan Jenis Gastropoda Di Zona Intertidal Pantai Longot Desa Lewoblolong Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur Sebagai Media Pembelajaran Biologi

BOLENG, Yuliana Anggraini (2023) Keanekaragaman Dan Kelimpahan Jenis Gastropoda Di Zona Intertidal Pantai Longot Desa Lewoblolong Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (479kB)

Abstract

Pantai Longot merupakan salah satu tempat wisata rohani yang terdapat di Desa Lewoblolong Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur. Pantai Longot selain dijadikan sebagai tempat wisata rohani, di pantai ini juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mencari berbagai jenis biota laut salah satunya adalah gastropoda sebagai bahan makanan. Sampai saat ini belum diketahui jumlah dan jenis Gastropoda di di zona intertidal Pantai Longot. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui keanekaragaman dan kelimpahan jenis gastropoda di Pantai Longot untuk dijadikan sebagai media pembelajaran booklet. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Dimana data penelitian yang diperoleh berupa jenis-jenis dan jumlah individu gastropoda dianalisis untuk mengetahui indeks keanekaragaman dan kelimpahan. Dari data jenis-jenis gastropoda yang ada dikembangkan menjadi booklet dengan desain pengembangan menggunakan model ADDIE dan disertai teknik validasi produk oleh validator Berdasarkan Hasil penelitian terdapat 12 jenis Gastropoda di Pantai Longot, yaitu: :Costoanachis sertulariarum, Cypraea pantherina, Conus Miliaris, Conus lividus, Cypraea annulus, Nerita Exuvia, Cellana nigrolineata, Cerithium zonatum, Cabestana cutacea, Canarium mutabile, Strombus alatus, Nassarius mutabilis. Hasil perhitungan indeks keanekaragaman sebesar 2,369803632 dalam kategori sedang. Dan indeks kelimpahan Spesies tertinggi sebesar 1,1 ind/m2 dan kelimpahan spesies yang terendah 0,2 ind/m2 . Hasil validasi booklet oleh ahli media Persentase sebesar 80,08% dan ahli materi persentase sebesar 89,28%. Sehingga hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi mendapatkan persentase 84,68% masuk dalam kategori sangat valid dan layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah :(1) Bahwa jenis gastropoda yang terdapat di Pantai Longot sebanyak 12 jenis gastropoda, yaitu: Costoanachis sertulariarum, Cypraea pantherina, Conus Miliaris, Conus lividus, Cypraea annulus, Nerita Exuvia, Cellana nigrolineata, Cerithium zonatum, Cabestana cutacea, Canarium mutabile, Strombus alatus, Nassarius mutabilis.(2) Dengan indeks keanekaragaman gastropoda yang terdapat di Pantai Longot mencapai 2,369803632 termasuk dalam kategori sedang dengan spesies yang mendominasi adalah Nerita exuvia dengan kelimpahan jenis sebesar 1,1 ind/m2 dan yang paling jarang ditemukan adalah Nassarius mutabilis dengan kelimpahan jenis sebesar 0,2 ind/m2 .(3). Pengembangan booklet keanekaragaman dan kelimpahan jenis gastropoda di Pantai Longot Desa Lewoblolong dikategorikan layak untuk dijadikan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pantai Longot, Keanekaragaman dan Kelimpahan Jenis Gastropoda, Media Pembelajaran Booklet
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd YULIANA ANGGRAINI BOLENG
Date Deposited: 07 Sep 2023 21:28
Last Modified: 07 Sep 2023 21:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13785

Actions (login required)

View Item View Item