Identifikasi Jenis Tumbuhan Obat Tradisional Yang Di Manfaatkan Untuk Mengobati Penyakit Pada Manusia Di Desa Naitimu Kecamatan Tasifeto Barat Kabupaten Belu

WATTIMENA, Novita (2023) Identifikasi Jenis Tumbuhan Obat Tradisional Yang Di Manfaatkan Untuk Mengobati Penyakit Pada Manusia Di Desa Naitimu Kecamatan Tasifeto Barat Kabupaten Belu. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)

Abstract

Kesehatan merupakan suatu kebutuhan mendasar bagi kehidupan manusia. Dengan adanya kemajuan teknologi pengobatan pada manusia semakin moderen, sehingga lebih banyak orang memilih berobat ke rumah sakit maupun ke puskesmas karena pelayanan pengobatan yang lebih efisien. Dengan adanya pengobatan yang lebih efisien maka pengobatan tradisional sudah jarang ditemukan. Walaupun pengobatan ini sudah jarang ditemukan namun sebagian masyarakat masih menggunakan pengobatan tersebut, karena adanya keterbatasan ekonomi yang cukup besar. Maka dari itu perlu untuk menambahan wawasan masyarakat mengenai cara pengelolah tumbuhan obat tradisional untuk mengobati penyakit pada manusia.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik responden, mengetahui potensi jenis tumbuhan berkhasiat obat, bagian yang dimanfaatkan untuk mengobati penyakit dan mengetahui habitus yang terdapat di Desa Naitimu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu dengan observasi langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara semi-terstruktur. Adapun prosedur penelitian diantaranya Menentukan Key Informan, Menentukan Responden, Instrumen Penelitian, Wawancara, Eksplorasi, Dokumentasi, Identifikasi, Deskripsi dan Klasifikasi. Hasil penelitian menemukan 15 responden yang memiliki pengetahuan mengenai tumbuhan berkhasiat obat dengan perbandingan jumlah responden laki-laki dan perempuan tidak merata yaitu terdiri atas 7 responden laki-laki dan 8 responden perempuan. Pemanfaatan tumbuhan obat oleh masyarakat banyak diketahui dan dilakukan oleh masyarakat berumur 45–49 tahun. Diperoleh 18 jenis tumbuhan berkhasiat obat yaitu: Jambu Mete (Anacardium occidentale), Kelor (Moringa oliefera), Sereh (Cymbopogon citratus), Sirsak (Annona muricata), Kencur (Kaempferia galanga), Kunyit (Curcuma longa), Temulawak (Curcuma zanthorrhiza), Pepaya (Carica papaya), Damar Merah (Jatropha), Jahe (Zingiber officinale), Patikan Kebo (Euphorbia hirta), Alang-Alang (Imperata cylindrica), Jambu Biji (Psidium guajava), Meniran (Phyllanthus niruri), Kirinyuh (Chromolaena odorata), Putri Malu (Mimosa pudica), Daun Afrika (Vernonia amygdalina) dan Kemangi (Ocimum basilicum). Bagian tumbuhan yang diggunakan yaitu Daun (Folium), Rimpang (Rhizoma), Akar (Radix), Batang (Caulis), dan Kulit buah (Perikarpium). Terdapat 4 habitus tumbuhan yaitu herba, perdu, semak dan pohon. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat 15 responden yang terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan dengan Pemanfaatan tumbuhan obat oleh masyarakat banyak diketahui dan dilakukan oleh masyarakat berumur 45–49 tahun. Diperoleh 18 jenis tumbuhan yang berpotensi obat. Bagian tumbuhan yang di gunakan yaitu Daun, Kulit Buah, Rimpang, Batang dan Akar. Terdapat 4 habitus tumbuhan yaitu herba, perdu, semak dan pohon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Tumbuhan Obat, Penyakit, Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Novita Wattimena
Date Deposited: 08 Sep 2023 23:28
Last Modified: 08 Sep 2023 23:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13850

Actions (login required)

View Item View Item