Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Vektor Dalam Menarik Minat Konsumen (Studi Kasus Pada Akun Instagram @betavektor_art)

PASARIBU, Irna Sylvia Elisabeth (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Vektor Dalam Menarik Minat Konsumen (Studi Kasus Pada Akun Instagram @betavektor_art). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (293kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Vektor dalam Menarik Minat Konsumen” (Studi Kasus Pada Akun Instagram @betavektor_art) menarik untuk diteliti karena melihat perubahan yang cukup signifikan antara sebelum menggunakan iklan dan setelah menggunakan iklan di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara, minat konsumen mengalami kenaikan secara signifikan dibandingkan dengan metode promosi yang sebelumnya. Hasil yang diperoleh ini merupakan dampak dari perubahan cara mempromosikan produk. Perubahan cara promosi dan penggunaan fitur Instagram yang lebih memadai untuk menjangkau lebih banyak konsumen, membantu owner akun Instagram @betavektor_art untuk meningkatkan minat konsumen. Berdasarkan hasil analisis, owner menggunakan strategi komunikasi pemasaran Iklan untuk lebih memperkenalkan penjualannya dengan menggunakan iklan berbayar dan promosi pribadi, yang ditampilkan pada instastory dan highlight profil Instagram. Tidak hanya menggunakan strategi komunikasi pemasaran Iklan, owner juga menggunakan strategi komunikasi pemasaran Direct Marketing yang diterapkan pada aplikasi Instagram. Melalui fitur-fitur yang ada dalam aplikasi Instagram, pelanggan dapat lebih mudah berkomunikasi dengan owner. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan kedua strategi ini yaitu Iklan dan Direct Marketing pada akun Instagram @betavektor_art, berpengaruh sekali terhadap minat konsumen. Peneliti juga memberikan saran, dengan berhasilnya penerapan strategi ini, peneliti berharap agar owner lebih memperluas ranah jual tidak hanya produk vektor saja melainkan bisa dikembangkan ke variasi produk lainnya seperti souvenir, fashion, dll karena dilihat dari kepercayaan dan minat beli konsumen yang cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Instagram, Akun Instagram @betavektor_art.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Irna Sylvia Elisabeth Pasaribu
Date Deposited: 09 Sep 2023 22:54
Last Modified: 09 Sep 2023 22:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13861

Actions (login required)

View Item View Item