Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Penjualan Seafood Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Akun Instagram @kulinerkepiting)

LOTU, Yanuarius Adrian (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Penjualan Seafood Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Akun Instagram @kulinerkepiting). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Penjualan Seafood Melalui Media Sosial Instagram” (Studi Kasus Pada Akun Instagram @kulinerkepiting). Penelitian ini menarik untuk diteliti karena penulis melihat perubahan dari salah satu restoran yang cukup signifikan mengenai strategi penjualan produk makanan antara sebelum menggunakan instagram dan menggunakan aplikasi whatsapp. Oleh karena itu, penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh kuliner kepiting dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yakni wawancara mendalam dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara, penjualan mengalami kenaikan secara signifikan melebihi hasil dari metode penjualan yang sebelumnya. Hasil yang diperoleh ini merupakan dampak dari perubahan cara mempromosikan produk kuliner. Perubahan cara promosi, strategi dan penggunaan fitur instagram yang lebih memadai untuk menjangkau lebih banyak konsumen, membantu owner kuliner kepiting untuk meningkatkan hasil penjualan. Berdasarkan hasil analisis, Owner menggunakan strategi komunikasi pemasaran promosi penjualan menggunakan strategi iklan dan pemasaran langsung untuk lebih memperkenalkan penjualannya dengan menggunakan endors, penempatan hasil penjualan produk pada insta story, postingan, reels (video pendek), hightlight (sorotan) profil instagram dan penjelasan langsung mengenai produk kuliner ditempat penjualan dan disebarkan melalui aplikasi lain seperti whatsapp. Strategi pemasaran ini tidak hanya menggunakan strategi komunikasi pemasaran iklan dan pemasaran langsung, owner juga menggunakan strategi komunikasi pemasaran pribadi yang diterapkan secara langsung antara owner dengan konsumen. Strategi ini dilakukan ketika owner menjual produknya di tempat-tempat tertentu seperti bank, kampus dan hotel. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan ketiga strategi ini yaitu iklan, pemasaran langsung dan pemasaran pribadi ini sangat berpengaruh terhadap kulinernya dan peningkatan hasil penjualan yang meningkat. Penulis juga memberikan saran, dengan berhasilnya penerapan strategi ini, penulis berharap agar owner lebih memperluas ranah jual tidak hanya beberapa menu yang simpel akan tetapi owner juga membuat menu-menu makanan yang lebih trend dengan paduan antara beberapa seafood.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Instagram, Kuliner Kepiting Kupang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Yanuarius Adrian lotu
Date Deposited: 09 Sep 2023 22:38
Last Modified: 09 Sep 2023 22:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13876

Actions (login required)

View Item View Item