Persepsi Remaja Perempuan Dalam Mendefinisikan Cantik Pada Video Klip Tutur Batin Karya Yura Yunita (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perempuan Ilmu Komunikasi Angkatan 2019 Unwira Kupang)

PIRAN, Milentri Woni (2023) Persepsi Remaja Perempuan Dalam Mendefinisikan Cantik Pada Video Klip Tutur Batin Karya Yura Yunita (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perempuan Ilmu Komunikasi Angkatan 2019 Unwira Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (549kB)

Abstract

Penelitian ini yang diajukan dengan judul “Persepsi Remaja Perempuan Dalam Mendefinisikan Cantik Pada Video Klip Tutur Batin Karya Yura Yunita (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perempuan Ilmu Komunikasi Angkatan 2019 Unwira Kupang)”, kecantikan adalah isu yang sangat dekat dengan perempuan saat ini. Hampir seluruh perempuan Indonesia berjuang dengan ketidakadilan mengenai standar kecantikan yang dianggap tidak adil. Perempuan-perempuan yang tidak termasuk dalam kategori tersebut merasa tereliminasi dan diminoritaskan dalam lingkungan masyarakat. Dalam video klip Tutur Batin dari Yura Yunita menggambarkan kecantikan yang mendobrak pandangan masyarakat umum mengenai kecantikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi remaja perempuan dalam mendefinikan cantik pada video klip tutur batin mengkajinya menggunakan teori dramaturgi dari Erving Goffman dan semitoka penanda dan petanda dari Ferdinand De Saussure. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, metode yang digunakan studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa definisi cantik menurut persepsi remaja perempuan pada video klip tutur batin adalah perempuan yang menjadi diri sendiri, menerima kekurang dalam diri, tampil apa adanya dengan mengutamakan kualitas diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecantikan,Dramaturgi, Semiotika
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Paulina M Woni Piran
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:13
Last Modified: 11 Sep 2023 01:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13950

Actions (login required)

View Item View Item