Representasi Sikap Perempuan Untuk Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga Dalam Film "Athirah" Berdasarkan Perspektif Stuart Hall

MENDONCA, Marisa Juanita (2023) Representasi Sikap Perempuan Untuk Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga Dalam Film "Athirah" Berdasarkan Perspektif Stuart Hall. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (413kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Representasi Sikap Perempuan Untuk Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga dalam Film Athirah Berdasarkan Perspektif Stuart Hall”. Film ini menceritakan tentang kehidupan Athirah sosok perempuan sebagai istri yang mempertahankan keutuhan rumah tangganya ketika suaminya Puang Aji mendua dan menikah dengan wanita lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana representasi sikap perempuan untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga dalam film Athirah berdasarkan Prespektif Stuart Hall. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pengetahuan tentang representasi sikap perempuan mempertahankan keutuhan rumah tangga dalam film Athirah. Konsep yang digunakan yaitu, komunikasi, komunikasi massa, teori representasi Stuart Hall, peran perempuan sebagai istri pendamping suami, film, jenis-jenis film, genre film, fungsi film dan struktur film. Teknik pengumpulan data yang digunakan analisis pendekatan representasi Stuart Hall yang menekankan pada tiga tahap yaitu, Reflektif, Intensional dan Konstruksionis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 6 scene yang merepresentasi sikap perempuan memepertahankan keutuhan rumah tangga dalam film Athirah. Dalam scene-scene tersebut dapat dilihat sikap perempuan yang sabar ketika mengetahui suaminya akan menikah lagi, pekerja keras istri yang tidak ingin bergantung hidup pada suaminya, tegar pada saat suaminya menolak ajakannya dan pergi dengan wanita lain, setia selalu melayani suaminya dan ikhlas mau membantu kesusahan suaminya. Lalu untuk interpertasi menggunakan pendekatan Stuart Hall (Reflektif) peristiwa dan kondisi yang mencerminkan perasaan Athirah sebagai istri, (Intensional) pandangan Athirah mengenai peristiwa dan permasalahan yang terjadi (Konstruksionis) makna yang ditunjukkan melalui bahasa. Film Athirah menunjukkan peran perempuan sebagai istri pendamping suami yakni, istri sebagai teman atau partner hidup dan istri sebagai penasehat yang bijaksana. Berdasarkan hasil penelitian, penulis membuat kesimpulan bahwa representasi sikap perempuan untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga dalam film Athirah berdasarkan prespektif Stuart Hall menampilkan sikap istri yang sabar, pekerja keras, tegar, setia dan ikhlas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Sikap Perempuan, Film, REpresentasi Stuart Hall
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Marisa Juanita Mendonca
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:18
Last Modified: 11 Sep 2023 07:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13976

Actions (login required)

View Item View Item