Pengaruh Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Akuntabilitas Kinerja Pada Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Kupang

DEWI, Yasinta (2023) Pengaruh Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Akuntabilitas Kinerja Pada Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (330kB)

Abstract

Yasinta Dewi, NIM : 33118214, dengan judul skripsi. “Pengaruh Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Akuntabilitas Kinerja Pada Kantor Badan Keuangan Daerah Kota Kupang”. Dibawah bimbingan Ibu Rere Paulina Bibiana, SE., M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Maria Goreti Malut, SE.,MM selaku pembimbing II. Rumusan masalah, 1) Apakah perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pelaporan/pertanggungjawaban anggaran dan evaluasi kinerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja, 2) Apakah perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pelaporan/pertanggungjawaban anggaran dan evaluasi kinerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja. Tujuan penelitian, 1) Untuk mengetahui perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pelaporan/pertanggungjawaban anggaran dan evaluasi kinerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja, 2) Untuk mengetahui perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pelaporan/pertanggungjawaban anggaran dan evaluasi kinerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja. Jenis data menurut sumber data primer dan sekunder dan jenis data menurut sifat data kualitatif dan kuantitatif, sampel yang diambil adalah 50 pegawai yang terdiri Kepala Badan, Sekretariat yang terdiri 3 Sub bagian dan Kasub anggaran terdiri 3 bagian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan survey yang diperoleh dengan cara membagikan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statisitik Inferensial. Alat analisis yang digunakan uji Regresi Linear Berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan Anggaran, dan Evaluasi Kinerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja, sedangkan Pelaksanaan Anggaran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap akuntabilitas kinerja dan Pelaporan/Pertanggungjawaban anggaran berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap akuntabilitas `kinerja. Perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, pelaporan/pertanggungjawaban anggaran dan evaluasi kinerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Akuntabilitas kinerja. Hasil koefisien determinan (R²) sebesar 0,885 yang berarti 88,5%, sedangkan sisanya 11,5% dijelaskan oleh variabel atau faktor lainnya. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada Badan Keuangan Daerah Kota Kupang agar pada tahap pelaksanaan anggaran dan pelaporan/pertanggungjawaban anggaran diharapkan agar kegiatan atau program yang sudah dianggarakan dapat terealisasi sesuai dengan anggaranya sedangkan perencanaan anggaran dan evaluasi kinerja perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan kembali supaya target pencapaian kinerja 100% tercapai sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja yang baik pada BKD Kota Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Pelaporan/Pertanggungjawaban Anggaran, Evaluasi Kinerja, dan Akuntabilitas Kinerja.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Yasinta Dewi
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:57
Last Modified: 21 Mar 2024 01:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13994

Actions (login required)

View Item View Item