Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Menjalankan Fungsi dan Perannya Di Era Otonomi Daerah, Desa Asumanu Kecamatan Raihat Kabupaten Belu

MALI, Robertus (2023) Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Menjalankan Fungsi dan Perannya Di Era Otonomi Daerah, Desa Asumanu Kecamatan Raihat Kabupaten Belu. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Badan Permusyawaratan Desa di desa Asumanu kecamatan Raihat kabupaten Belu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (indenpenden) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel lain. Maka peneliti menggunakan teori indikator kinerja menurut Dwiyanto (dalam Pasolong 2013:178) yaitu Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsibilitas. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah capaian pada masing-masing indikator, maka indikator produktivitas dengan aspek yang diukur pencapaian tujuan BPD dalam membuat rancangan peraturan desa bersama kepala desa memperoleh nilai rata-rata 57,04 nilai ini berada pada klasifikasi sedang. Dalam capaian indikator kualitas layanan dengan aspek yang diukur pencapaian BPD dalam pelayanan penggaduan aspirasi masyarakat memperoleh nilai rata-rata 52,74 nilai ini berada pada klasifikasi sedang. Dalam capaian indikator responsivitas dengan aspek yang diukur pencapaian BPD dalam menampung dan menyalurkan aspirasi untuk kepetingan masyarakat memperoleh nilai rata-rata 49,82 nilai ini berada pada klasifikasi rendah. Saran yang diberikan adalah Diupayakan agar BPD lebih aktif lagi dalam menjalankan tugas dan fungsinya demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. Pengawasan terhadap pelaksanaan pembagunan Desa lebih ditingkatkan lagi dan BPD diharapkan lebih menyerap asprasi dan menyalurkan asprirasi untuk kepentingan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Badan Permusyawaratan Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Robertus mali
Date Deposited: 11 Sep 2023 23:57
Last Modified: 11 Sep 2023 23:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14033

Actions (login required)

View Item View Item