Analisis Standar Belanja Dalam Penilaian Kewajaran Anggaran Dan Penerapannya Pada Kantor Sekretariat DPRD Kota Kupang

ALFFI, Ines Theresia Diaz (2023) Analisis Standar Belanja Dalam Penilaian Kewajaran Anggaran Dan Penerapannya Pada Kantor Sekretariat DPRD Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (724kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (424kB)

Abstract

Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian yaitu 1) Bagaimana penerapan standar belanja dalam penilaian kewajaran anggaran pada Kantor Sekretariat DPRD Kota Kupang? 2) Apa saja faktor-faktor yang membedakan dalam penerapan standar belanja pada Kantor Sekretariat DPRD Kota Kupang? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan standar belanja dalam penilaian kewajaran anggaran pada Kantor Sekretariat DPRD Kota Kupang. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan dalam penerapan standar belanja pada Kantor Sekretariat DPRD Kota Kupang. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari 2 yaitu data menurut sumber dan data menurut sifat. Jenis data menurut sumber terdiri dari data primer dan data sekunder, sedangkan data menurut sifat terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah studi kepustakaan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada 7 program yang terdiri dari 38 kegiatan terdapat 6 diantaranya yaitu pada Program Pelayanan Administrasi Perkantoran, Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur, Program Peningkatan Disiplin Aparatur, Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur, Program Penunjang Pelayanan Administrasi Perkantoran dan Program Peningkatan Kapasitas Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah dalam kondisi underfinance dan 1 program lainnya yaitu pada Program Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Media Massa dalam kondisi wajar. (2) Terdapat 3 faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan dalam penerapan standar belanja tersebut antara lain yang pertama ialah kemampuan perencanaan yang disusun sesuai dengan kebutuhan namun tidak adanya peninjauan kembali sehingga kuantitas dan spesifikasi menjadi pertimbangan dalam kegiatan belanja. Kedua, lingkungan kerja yang masih sulit beradaptasi dan yang ketiga tidak adanya sanksi tegas apabila penyusunan penganggarannya diketahui tidak sesuai dengan standar belanja. Dengan demikian disarankan kepada Sekretariat DPRD Kota Kupang untuk selalu berpedoman pada standar biaya dalam menetapkan anggaran pada setiap objek belanja dan melakukan peninjauan kembali atas setiap kebutuhan yang diajukan oleh unit kerja serta peraturan terkait dengan sanksi apabila tidak sesuai dengan standar belanja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Standar Belanja, Kinerja, Kewajaran Anggaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak THERESIA I. DIAZ ALFFI
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:33
Last Modified: 11 Sep 2023 07:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

View Item View Item