Analisis Lingkungan Pengendalian Dan Whistleblower Terhadap Tindakan Fraud Oleh Pejabat Pemerintah Desa Bangka La’o Kabupaten Manggarai

KASIH, Ester Putri (2023) Analisis Lingkungan Pengendalian Dan Whistleblower Terhadap Tindakan Fraud Oleh Pejabat Pemerintah Desa Bangka La’o Kabupaten Manggarai. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Ester Putri Kasih, NIM 33119114, dengan judul skripsi “Analisis Lingkungan Pengendalian dan Whistleblower terhadap Tindakan Fraud Oleh Pejabat Pemerintah Desa Bangka La’o Kabupaten Manggarai”. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Stanis Man, SE., M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Maria Goreti Malut, SE., MM selaku pembimbing II. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana kondisi lingkungan pengendalian di Desa Bangka La’o Kabupaten Manggarai sehingga menyebabkan munculnya tindakan fraud yang dilakukan oleh pejabat pemerintah desa? (2) Bagaimana dampak dari adanya whistleblower terhadap tindakan fraud yang terjadi di Desa Bangka La’o Kabupaten Manggarai?. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini ialah (1) Untuk mengetahui kondisi lingkungan pengendalian di Desa Bangka La’o Kabupaten Manggarai yang menyebabkan munculnya tindakan fraud yang dilakukan oleh pejabat pemerintah desa. (2) Untuk mengetahui dampak yang terjadi dari adanya whistleblower terhadap tindakan fraud yang terjadi di Desa Bangka La’o Kabupaten Manggarai. Penelitian ini dilakukan di Kantor Desa Bangka La’o Kabupaten Manggarai. Sumber data dalam penelitian ini ialah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan jenis data dalam penelitian ini ialah data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi lingkungan pengendalian di Desa Bangka La’o Kabupaten Manggarai sangat tidak kondusif sehingga berpengaruh terhadap tindakan fraud yang terjadi. Ke tujuh indikator dari lingkungan pengendalian juga saling berkaitan dan berpengaruh terhadap kondisi lingkungan pengendalian di Desa Bangka La’o sehingga menyebabkan munculnya tindakan fraud yang dilakukan oleh pejabat pemerintah desa. Dampak dari adanya whistleblower ialah kasus ini dapat terungkap, diproses dan di tindaklanjuti serta dapat menumbuhkan kesadaran dan rasa peka yang tinggi dari seluruh pihak dalam mengawasi sistem operasional pemerintahan desa. Dengan demikian pemerintah desa dan juga masyarakat disarankan dapat menjalankan roda pemerintahan desa sesuai dengan Permendagri No 20 Tahun 2018, melakukan pengawasan atau monitoring secara berkala dan juga memberikan sosialisasi terkait dengan whistleblowing serta mempersiapkan whistleblowing system agar siapa saja bisa menjadi whistleblower tanpa harus takut identitasnya diketahui.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Pengendalian, Whistleblower dan Fraud
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Ester Putri Kasih
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:41
Last Modified: 12 Sep 2023 02:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item