Upaya Memperkenalkan Teknik Strumming dan Apoyando Pada Ansambel Gitar Sejenis Dengan Lagu "Seni Tawa Gere" Melalui Metode Imitasi dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Gitar SMAS Frater Don Bosco Lewoleba Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata

AMASUBA, Yesmaryo Natalius (2023) Upaya Memperkenalkan Teknik Strumming dan Apoyando Pada Ansambel Gitar Sejenis Dengan Lagu "Seni Tawa Gere" Melalui Metode Imitasi dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Gitar SMAS Frater Don Bosco Lewoleba Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (626kB)

Abstract

Gitar merupakan salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik yang banyak diminati oleh kalangan pelajar. Permainan gitar tidak akan sempurna bila masih belum memahami bagaimana cara bermain gitar dengan teknik yang baik dan benar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya memperkenalkan teknik strumming dan Apoyando Pada Permainan Ansambel Gitar Dengan Lagu Model Seni Tawa Gere Menggunakan Metode Imitasi dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Gitar SMAS Frateran Don Bosco Lewoleba Lembata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dalam Upaya Memperkenalkan Teknik Strumming dan Apoyando Pada Ansambel Gitar Melalui Metode Imitasi dan Drill. Penelitian ini bersifat kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan studi lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumenasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran gitar dilakukan melalui 3 tahap yakni, tahap awal perekrutan anggota pemain gitar dan penentuan jadwal latihan. Tahap inti, memberikan informasi mengenai ansambel, makna dari lagu yang dipakai, pembagian peran musikal, menjelaskan mengenai teknik Strumming dan apoyando dilanjutkan latihan etude, berikutnya peserta dibimbing memainkan lagu bagian demi bagian yang didahului contoh oleh peneliti kemudian ditiru oleh siswa dan dilatih secara berulang-ulang sampai mereka mampu memainkannya bagian tersebut dengan baik. Berikutnya tahap akhir dari penelitian ini yaitu siswa mempresentasikan permainan gitardalam bentuk ansambel. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Upaya Memperkenalkan Teknik Strumming dan Apoyando Pada Ansambel Gitar Dengan Lagu Model Seni Tawa Gere Menggunakan Metode Imitasi dan Drill Pada Siswa Minat Gitar SMAS Frateran Don Bosco Lewoleba Lembata. Ini berhasil walaupun belum sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ansambel gitar, teknik strumming dan apoyando, metode imitasi, drill
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Yesmaryo Natalius Amasuba
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:01
Last Modified: 12 Sep 2023 06:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14211

Actions (login required)

View Item View Item