ATE, Clara Januarita Inna (2023) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Ditinjau Dari Hasil Kerja Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (493kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (184kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik pada materi SPLDV. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berlangsung pada bulan April 2023 di SMPN 6 Kupang Tengah dengan subyek diambil dari kelas VIII A. Metode dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dan wawancara. Tes pemahaman konsep diberikan kepada 26 peserta didik, kemudian dengan berkonsultasi dengan guru maka dipilih 2 subyek yang akan diwawancarai berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Tes pemahaman konsep dan wawancara dilakukan untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua subyek memiliki kemampuan pemahaman konsep yang berbeda-beda. Dimana peserta didik dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi mampu memenuhi semua indikator pemahamn konsep yaitu: Menyatakan ulang sebuah konsep; Mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya; Memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep; Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika; Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep; Menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu; Mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Sedangkan subyek yang mewakili kemampuan pemahaman konsep rendah mampu mengerjakan soal tes pemahaman konsep namun kurang tepat, dan tidak sampai tuntas. Dari ketujuh indikato pemahaman konsep hanya beberapa indikator saja yang mampu dicapai yaitu: Menyatakan ulang sebuah konsep; Menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu. Dan yang indikator-indikator pemahaman konsep yang belum di capai maksimal yaitu: Belum mampu mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya; Belum mampu memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep; Belum mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika; Belum mampu mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep; Belum mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Pemahaman Konsep, SPLDV |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | S.Pd Clara J. Inna Ate |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 02:00 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 02:00 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14320 |
Actions (login required)
View Item |