Makna Iklan Rokok L.A Lights Versi “Bukan Artis Tapi Eksis” Di Media Luar Ruang (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

PENDO, Ferbianus Yohanes (2023) Makna Iklan Rokok L.A Lights Versi “Bukan Artis Tapi Eksis” Di Media Luar Ruang (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (316kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Makna Iklan Rokok L.A Lights Versi “Bukan Artis Tapi Eksis” Di Media Luar Ruang. Iklan adalah suatu usaha untuk mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat luas yang bertujuan memasarkan dan menjual. Iklan juga memiliki arti suatu pesan dari perusahaan yang berupa tulisan atau gambar yang disampaikan melalui media yang bersifat persuasif. Tidak ada perusahaan yang mau maju dan bersaing dalam kompetisi bisnis tanpa menggunakan iklan, karena periklanan merupakan salah satu strategi dalam pemasaran yang sangat penting peranannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui makna iklan rokok L.A Lights versi “Bukan Artis Tapi Eksis” di media luar ruang dengan mengkajinya menggunakan teori Semiotika Charles Sanders Peirce. Jenis Penelitian ini deskriptif, metode yang digunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis dan interpretasi makna iklan L.A Lights dalam memaknai sebuah iklan. Keterikatan setiap konten tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan pemaknaan yang bertolak belakang. Dari potongan yang ada, pemaknaan Bukan Artis Tapi Eksis sangat tergambarkan dari situasi aktivitas seseorang yang pikirannya hanya tertuju pada dunia maya. Namun akan menghasilkan makna pertentangan jika dibenturkan dengan tagline yaitu Let’s Do It! yang memiliki arti ayo lakukan. Dari beberapa motto serta tema-tema yang pernah dikeluarkan oleh Djarum , secara garis besar memang terdapat kesan provokatif. Pesan tentang kebebasan sangat nampak tersirat dari iklan L.A Lights versi Bukan Artis Tapi Eksis tersebut. Makna pada iklan iklan L.A Lights versi Bukan Artis Tapi Eksis muncul dan tersirat dari sebuah pemahaman kebebasan yang ditampilkan dari ilustrasi visual aktivitas seseorang yang ada. Suatu pikiran yang hanya tertuju pada dunia maya tanpa menghiraukan apa yang terjadi tidak dapat menjamin hasil baik kedepannya. Jika situasi tersebut diterapkan pada ilustrasi aktivitas seseorang yang ada pada iklan L.A Lights versi Bukan Artis Tapi Eksis akan menjadikan suatu tindakan yang bertentangan jika hal tersebut tidak diarahkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rokok, Makna, Iklan, Tanda dan Semiotika Charles Sanders Peirce
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Febrianus Yohanes Pendo
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:58
Last Modified: 14 Sep 2023 01:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14321

Actions (login required)

View Item View Item