Analisis Framing Zhondang Pan & Gerald M. Kosicki Pada Pemberitaan Media Online Tribratanewsntt.com Dalam Membangun Citra Positif Polda NTT (Periode Mei-Juni 2022)

KAUSE, Disyon Ofryanus (2023) Analisis Framing Zhondang Pan & Gerald M. Kosicki Pada Pemberitaan Media Online Tribratanewsntt.com Dalam Membangun Citra Positif Polda NTT (Periode Mei-Juni 2022). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (914kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini diajukan sebagai skripsi dengan judul “Analisis Framing Pemberitaan Media Online Tribratanews Dalam Membangun Citra Positif Polda NTT (Periode Mei-Juni 2022) Zhondang Pan & Gerald M. Kosicki”, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui framing pemberitaan yang dilakukan media online Tribratanewsntt.com dalam membangun citra Polda NTT melalui model analisis framing Zhondang Pan & Gerald M. Kosicki. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dimana data penelitian ini adalah kata, frasa, dan kalimat yang berasal dari pemberitaan media online Tribratanewsntt.com periode mei-juni 2022. Hasil analisis ini berdasarkan empat perangkat framing model Zhondang Pan & Gerald M. Kosicki terkait pemberitaan media Tribratanewsntt.com dalam membangun citra positif Polda NTT periode mei-juni 2022. Pada struktur sintaksis kebanyakan ditemukan kutipan pernyataan dari satu sumber dan dipilih berdasarkan topik berita yang diangkat. Pada struktur skrip ditemukan unsur berita yang kurang lengkap pada satu berita. Pada struktur tematik penggunaan kata hubung dalam menjelaskan kronologi pemberitaan. Pada struktur retoris ditemukan penggunaan gambara untuk memperkuat pemberitaan. Dari hasil penlitian, disimpulkan bahwa headline & lead dari dapat mengambarkan keseleruhan isi beritanya. pemberitaan media online Tribratanewsntt.com juga memiliki kecenderungan mengedepankan pihak kepolisian dalam pemberitaannya. Sejalan dengan framing media, masyarakat hendaknya cenderung selektif dalam memilih berita yang akan dibaca dan kristis dalam menangapi isi pemberitaan. Teruntuk media hendaknya tidak terlalu jauh dalam memframing sebuah peristiwa karena tujuan asli dari berita adalah memberikan informasi yang layak bagi pembaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Framing,media online, konstruksi realitas sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Disyon Ofryanus Kause
Date Deposited: 15 Sep 2023 00:07
Last Modified: 15 Sep 2023 00:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item