Evaluasi Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual PP No.71 Tahun 2010 Dalam Penyajian Laporan Keuangan Pada Pemerintah Kabupaten Kupang

ASUL, Fransiska Ira (2023) Evaluasi Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual PP No.71 Tahun 2010 Dalam Penyajian Laporan Keuangan Pada Pemerintah Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (784kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (323kB)

Abstract

Fransiska Ira Asul, Nomor Regis 33118052 Judul Skripsi “ Evaluasi Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual PP No.71 Tahun 2010 Dalam Penyajian Laporan Keuangan Kabupaten Kupang” di Bawah bimbingan Ibu Rere Paulina Bibiana,SE.,M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Maria Goreti Malut,SE.,MM selaku pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1). Apakah penyajian Laporan Keuangan pemerintah Kabupaten Kupang telah sesuai dengan PP No.71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual?. (2) Apa saja Hambatan yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Kupang dalam menerapkan Peraturan Pemerintah No.71 Tahun 2010?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1).Untuk mengetahui kesesuaian penyajian laporan keuangan Kabupaten Kupang berdasarkan PP No 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual. (2). Untuk mengidentifikasikan hambatan yang dihadapi oleh pemerintah Kabupaten Kupang dalam menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah sesuai PP No.71 Tahun 2010. Jenis data dalam penelitian ini menurut sifat yaitu data kuantitatif dan data kualitatif dan jenis data menurut sumber adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1).Penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Kupang untuk tahun anggaran 2021 telah disusun dan disajikan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) Berbasis Akrual. (2). Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual belum optimal, dikarenakan masih terdapat hambatan yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Kupang yaitu, Kualitas Sumber Daya Manusia belum memadai, hambatan dalam Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pengelola Keuangan Daerah (SIPKD), dan hambatan dalam Pengelolaan Aset Tetap. Hambatan tersebut menyebabkan laporan keuangan pada tahun anggaran 2021 mengalami keterlambatan dan mendapatkan Opini Wajar Dengan Pengecualian dari BPK. Untuk itu disarankan Pemerintah Kabupaten Kupang harus tetap mempertahankan dan mengikuti Peraturan Pemerintah yang berlaku dan harus lebih meningkatkan sumber daya manusia khususnya dalam bidang akuntansi dengan mengadakan pelatihan-pelatihan secara rutin mengenai Standar Akuntansi Pemerintah berbasis akrual guna meningkatkan kualitas laporan keuangan yang dihasilkan serta dapat menyajikan laporan keuangan yang andal dan transparan. Kabupaten Kupang juga diharapkan dapat melakukan penatausahaan aset tetap dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku agar pengelolaan aset daerah berjalan dengan baik dan bisa mempengaruhi penilaian dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Standar Akuntansi Pemerintah, Basis Akrual, Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Fransiska Ira Asul
Date Deposited: 15 Sep 2023 06:21
Last Modified: 15 Sep 2023 06:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14433

Actions (login required)

View Item View Item