Analisis Pola Komunikasi Dalam Kehidupan Keluarga Di Desa Manu Kuku Kabupaten Sumba Barat (Studi Kasus Pola Komunikasi Antara Orang Tua dan Remaja Awal Usia 12-16 Tahun di Desa Manu Kuku

DETA, Gregorius Umbu (2023) Analisis Pola Komunikasi Dalam Kehidupan Keluarga Di Desa Manu Kuku Kabupaten Sumba Barat (Studi Kasus Pola Komunikasi Antara Orang Tua dan Remaja Awal Usia 12-16 Tahun di Desa Manu Kuku. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (117kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Pola Komunikasi Dala Kehidupan Keluarga di Desa Manu Kuku Kabupaten Sumba Barat (Studi Kasus Pola Komunikasi Antara Orang Tua dan Remaja Awal Usia 12–16 Tahun di Desa Manu Kuku)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena komunikasi dalam kehidupan berkeluarga yang mempengaruhi perkembangan psikologi anak-anak, yakni minimnya komunikasi yang berlangsung dalam kehidupan berkeluarga dan pengunaan pola komunikasi yang kurang efektif dalam kehidupan keluarga. pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk menyamakan persepesi atau pandangan dalam menjalin komunikasi antara orang tua dan anak-anak agat tidak terjadi mis-komunikasi karena komunikasi dalam keluarga belum terjalin dengan baik dalam keluarga di Desa Manu Kuku. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa sajakah pola komunikasi dalam kehidupan keluarga di Desa Manu Kuku Kabupaten Sumba Barat. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggambarkan pola komunikasi antara orang tua dan anak-anak usia 12-16 tahun di Desa Manu Kuku Kabupaten Sumba Barat dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, verifikasi data dan penyajian data. Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa kegunaan pola komunikasi antara orang tua dan remaja awal usia 12-16 tahun di Desa Manu Kuku Kabupaten Sumba Barat meliputi pola komunikasi demokratis, pola komunikasi otoriter, pola komunikasi otokratis dan pola komunikasi pasif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi dalam kehidupan keluarga di Desa Manu Kuku menerapkan semua pola komunikasi yaitu pola komunikasi demokratis, pola komunikasi otoriter, pola komunikasi otokratis dan pola komunikasi pasif. Dalam komunikasi antar orang tua dan anak di rumah komunikasi demokratis memperlihatkan karakteristik komunikasi yang terbuka, dialogis, tingginya kolektivitas dalam komunikasi, sikap mendengarkan, keterlibatan anak-anak yang tinggi dalam pengambilan keputusan. Berbeda dengan pola komunikasi otokratis dicirikan dengan minimnya komunikasi, pola komunikasi otokratis menciptakan lingkungan di mana kekuasaan dan kendali terpusat pada satu otoritas, sementara partisipasi dan kebebasan berpendapat individu lain sangat terbatas. Sedangkan pola komunikasi otoriter cenderung menciptakan lingkungan yang tidak seimbang, dengan kekuasaan terpusat pada satu pihak dan pengabain terhadap kebutuhan, pendapat dan partisipasi individu lain. Yang lebih menarik lagi yaitu pola komunikasi pasif yang memperlihatkan bahwasannya pola komunikasi pasif dalam keluarga di Desa Manu kuku dapat meyebabkan ketidak seimbangan kebutuhan. Ketidak puasaan atau ketidak jelasan dalam hubungan keluarga teristimewa dalam membangun pola komunikasi antara orang tua dan anak dalam sebuah keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Orang Tua dan Remaja Awal Usia 12-16 Tahun, Komunikasi Keluarga,
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Gregorius Umbu Deta
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:06
Last Modified: 18 Sep 2023 03:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14445

Actions (login required)

View Item View Item