Motif Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unwira (Studi Fenomenologi Menurut Alfred Schutz Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2019)

ENDANG, Maria Fatima (2023) Motif Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unwira (Studi Fenomenologi Menurut Alfred Schutz Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2019). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (130kB)

Abstract

“Motif Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unwira” (Studi Fenomenologi Menurut Alfred Schutz pada Mahasiswa Angkatan 2019). Tiktok adalah sebuah aplikasi jejaring sosial yang merupakan platform sosial video pendek yang didukung oleh musik. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai Motif Penggunaan Aplikasi Titok Pada Mahasiswa. Untuk membantu peneliti dalam melakukan analisis data dan interpretasi data, maka dalam penelitian ini menggunakan konsep tentang komunikasi, internet, media sosial, tiktok, motif, teori fenomenologi, yang memiliki indikator because of motive (motif sebab) meliputi trend dan pergaulan, serta in order to motive (motif tujuan) meliputi hiburan dan eksistensi diri. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi lapangan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi menurut Alfred Schutz. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, pernyaataan yang diberikan oleh mahasisa prodi ilmu komunikasi angkatan 2019 hampir sama berkaitan dengan motif penggunaan aplikasi tiktok. Mahasiswa prodi ilmu komunikasi angkatan 2019 mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi tiktok karena berbagai alasan yaitu pengaruh trend, pergaulan, dan untuk motif hiburan serta eksistensi diri dan motif ekonomi. Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa motif penggunaan aplikasi tiktok pada mahasiswa prodi ilmu komunikasi angkatan 2019 adalah because of motive (motif sebab) yaitu trend dan pergaulan sedangkan in order to motive (motif tujuan) yaitu hiburan, eksistensi diri dan ekonomi. Saran yang dapat diberikan peneliti kepada mahasiswa prodi ilmu komunikasi angkatan 2019 diharapkan dapat menggunakan media sosial tiktok dengan baik serta dapat menumbuhkan kreatifitas. Selain itu diharapkan agar mahasiswa prodi ilmu komunikasi amgkatan 2019 dapat membagi waktu antara orang tua, belajar dan teman-teman yang berada di dunia nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motif Penggunaan Media, Aplikasi Tiktok, Fenomenologi Kata Kunci: Motif Penggunaan Media, Aplikasi Tiktok, Fenomenologi Kata Kunci: Motif Penggunaan Media, Aplikasi Tiktok, Fenomenologi Kata Kunci: Motif Penggunaan Media, Aplikasi Tiktok, Fenomenologi Kata Kunci: Motif Penggunaan Media, Aplikasi Tiktok, Fenomenologi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Maria Fatima Endang
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:12
Last Modified: 18 Sep 2023 03:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14467

Actions (login required)

View Item View Item