Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingginya Pekerja Migran Ilegal Di Desa Lawalu Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka Tahun 2020-2021

BEREK, Yulita Namok (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingginya Pekerja Migran Ilegal Di Desa Lawalu Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka Tahun 2020-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (211kB)

Abstract

Perilaku bekerja di luar negeri secara illegal merambah banyak wilayah di NTT, termasuk salah satunya adalah di Desa Lawalu. Hal itu mendorong penulis mencermatinya dengan judul faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya pekerja migran ilegal di Desa Lawalu Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka pada tahun 2020-2021? Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan faktor-faktor apakah yang mempengaruhi tingginya pekerja migran ilegal di Desa Lawalu Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka pada tahun 2020- 2021. Teori yang digunakan dalam membedah skripsi ini adalah pekerja migran dan perlindungan terhadap pekerja migran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder, berkaitan dengan faktor internal dan faktor eksternal tingginya pekerja migran ilegal di Desa Lawalu Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka. Hasil penelitian berkaitan dengan faktor internal, terutama faktor ekonomi yaitu banyaknya tanggungan anggota keluarga, sempitnya lahan pertanian menjadi faktor kunci terjadinya pekerja migran. Selain itu faktor sosial budaya berupa kegiatan adat dan faktor sumberdaya manusia terutama rendahnya kualitas manusia juga berkontribusi dalam terjadinya tenaga kerja migran. Faktor eksternal, yakni cerita sukses para imigran, berupa keberhasilan membangun, merehab rumah, membeli kendaraan bermotor, menjadi pemicu ingin mengikuti keberhasilan mereka, selain itu kenyataan di desa berupa terbatasnya lapangan kerja. Berdasarkan hasil analisis di atas disimpulkan bahwa faktor ekonomi dan cerita sukses tenaga migran menajdi pemicu adanya pekerja migran. Dari kesimpulan yang ada maka disarankan agar pemerintah setempat membuat program padat karya, mengoptimalisasikan lahan-lahan pertanian guna membantu masyarakat dan pemberdayaan ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pekerja, Migran Ilegal
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.IP Yulita Namok Berek
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:17
Last Modified: 02 Oct 2023 03:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14515

Actions (login required)

View Item View Item