Pengaruh Kepercayaan, Sikap, Status Sosial Dan Motif Pembelian Dengan Mediasi Variabel Konsep Diri Terhadap Niat Beli Kembali Melalui Situs Online Blibli.com Pada Konsumen Di Kota Kupang

BANDA, Bernadina Dupa (2023) Pengaruh Kepercayaan, Sikap, Status Sosial Dan Motif Pembelian Dengan Mediasi Variabel Konsep Diri Terhadap Niat Beli Kembali Melalui Situs Online Blibli.com Pada Konsumen Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (319kB)

Abstract

Bernadina Dupa Banda (32119078), dengan judul penelitian “Pengaruh Kepercayaan, Sikap, Status sosial dan Motif Pembelian Terhadap Niat Beli Kembali Melalui Situs Oline Blibli.com dengan Konsep diri sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Di Kota Kupang” di bawah bimbingan Bapak Drs. Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku Pembimbing I dan Ibu Maria A. Lopes Amaral, SE, MM selaku Pembimbing II. Blibli.com merupakan salah satu situs online shop terpercaya yang berkembang sesuai dengan perubahan konsumennya. Perkembangan data penjualan online shop Blibli.com pada tahun 2019- kuartal II 2022 mengalami fluktuasi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui gambaran kepercayaan, sikap, status sosial, motif pembelian, konsep diri dan niat beli kembali melalui situs Blibli.com di Kota Kupang. (2) untuk mengetahui signifikansi pengaruh kepercayaan, sikap, status sosial dan motif pembelian terhadap konsep diri. (3) untuk mengetahui signifikansi pengaruh kepercayaan, sikap, status sosial dan motif pembelian terhadap niat beli kembali. (4) konsep diri memediasi pengaruh kepercayaan, sikap, status sosial dan motif pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna online shop Blibli.com di Kota Kupang yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel dalam penelitian ini yaitu 120 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut sumbernya yaitu data primer dan data sekunder, sedangkan menurut sifatnya meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial (PLS). Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel kepercayaan, sikap, dan motif pembelian, semua variabel ini termasuk dalam kategori baik, dan status sosial termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil analisis statistik inferensial (PLS) menunjukkan bahwa : (1) kepercayaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsep diri . (2) Sikap tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsep diri. (3) Status sosial berpenagruh positif dan signifikan terhadap konsep diri . (4) motif pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsep diri. (5) kepercayaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kembali . (6) sikap tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kembali. (7) status sosial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kembali. (8) motif pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kembali. (9) konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kembali. Nilai koefisien determinasi (R2) variabel niat beli kembali sebesar 77,4%, dan konsep diri sebesar 29,8%, sisanya sebesar 55,3% dan 70,2% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel dalam penelitian. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan online shop Blibli.com dapat menjaga dan memperhatikan kejujuran. Pastikan deskripsi produk yang dijual di Blibli.com dengan memberikan ulasan produk secara akurat dan jujur, Sertakan informasi yang lengkap mengenai produk, termasuk spesifikasi, ukuran, bahan, dan kondisi produk agar dapat menarik niat konsumen untuk terus berbelanja di situs online Blibli.com.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Sikap, Status sosial, Motif, Konsep diri dan Niat beli kembali.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Bernadina Dupa Banda
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:34
Last Modified: 23 Oct 2023 07:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14650

Actions (login required)

View Item View Item