Pengaruh Disiplin Pegawai, Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Kantor Kecamatan Maulafa Kota Kupang

PEUUMA, Maria Katarina Umiti (2024) Pengaruh Disiplin Pegawai, Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Kantor Kecamatan Maulafa Kota Kupang. Masters thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (379kB)

Abstract

Tesis berjudul “Pengaruh Disiplin Pegawai, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Maulafa dengan Variabel Kepuasan Kerja Sebagai Mediasi”, oleh Maria Katarina Umiti Peuuma NIM 811212006, dibimbing oleh Dr. M.E. Perseveranda, SE., M.Si dan Dr. Henny Manafe, SE., MM. Sumber daya manusia merupakan modal utama bagi sebuah organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Sebagai sebuah sumber daya, manusia menjadi pondasi utama pengelolaan organisasi agar dapat terarah menuju visi yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Gambaran kinerja pegawai, disiplin kerja, kepemimpinan, lingkungan kerja dan kepuasan kerja pegawai pada Kantor Kecamatan Maulafa; Signifikansi pengaruh disiplin kerja, kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai pada Kantor Kecamatan Maulafa; Signifikansi pengaruh disiplin kerja, kepemimpinan, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Maulafa; Kepuasan kerja mampu memediasi pengaruh disiplin kerja, kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Kantor Kecamatan Maulafa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian adalah 37 orang pegawai pegawai kantor Kecamatan Maulafa. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa capaian kinerja pegawai sebesar 67,81, disiplin kerja 67,48, kepemimpinan 67,71, lingkungan kerja 67,87 dan kepuasan kerja 67,75. Analisis statistik inferensial menunjukkan hasil disiplin kerja, kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai; disiplin kerja, kepemimpinan, lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai; kepuasan kerja tidak memediasi pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai; kepuasan kerja memediasi pengaruh kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Kemampuan disiplin kerja, kepemimpinan dan lingkungan kerja mempengaruhi kepuasan kerja pegawai sebesar 77,2%, sedangkan kemampuan disiplin kerja, kepemimpinan, lingkungan kerja dan kepuasan kerja mempengaruhi kinerja pegawai sebesar 86,7%. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran yang diberikan oleh peneliti antara lain: memastikan pembayaran gaji dan tunjangan kinerja dilakukan tepat waktu. Pemberian tunjangan kierja juga agar diberikan sesuai beban kerja dan kedisiplinan pegawai, memberi teguran dan sanksi yang tegas bagi tiap pegawai yang tidak mematuhi jam kerja, mulai dari jenjang teguran lisan, teguran tertulis, pernyataan Tidak Puas Secara Tertulis, hingga pemotongan tunjangan kinerja, memberikan pujian dan apresiasi pada pegawai yang bekerja dengan baik, menambah peralatan kerja seperti komputer, laptop, lemari arsip, dan peningkatan kualitas WIFI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kinerja pegawai, disiplin kerja, kepemimpinan, lingkungan kerja, kepuasan kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen > Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia
Depositing User: M.M Maria Katarina Umiti Peuuma
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:09
Last Modified: 22 Feb 2024 01:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14938

Actions (login required)

View Item View Item