Analisis Pentingnya Partisipasi Masyarakat Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa Nanga Meje Kecamatan Elar Selatan Kabupaten Manggarai Timur

KOLONG, Adriana Elwan (2024) Analisis Pentingnya Partisipasi Masyarakat Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa Nanga Meje Kecamatan Elar Selatan Kabupaten Manggarai Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (145kB)

Abstract

Adriana E Kolong 31119055,19, Program Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, dosen pembimbing I Br.Salomon Leki,SE,MEc.Dev dan Dosen pembimbing II Bapak Adrianus Ketmoen SE.MM. Analisis Pentingnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastrukutur Desa Nanga Meje Kecamatan Elar Selatan kabupaten Manggarai Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1).Untuk mengetahui partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan infrastrukur Desa Nanga Meje Kecamatan Elar Selatan Kabupaten Manggarai Timur. 2). Untuk mengetahui Apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur di DesaNanga Meje Kecamatan Elar Selatan Kabupaten Manggarai Timur.3). Untuk mengetahui faktor apakah yang menyebabkan masyarakat tidak ikut berpartisipasi dalam program pembangunan infrastruktur Desa Nanga Meje Kecamatan Elar Selatan Kabupaten Manggarai Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif.dalam penelitian ini terdapat informan sebanyak 15 orang yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, 3 orang masyarakat, 2 orang tokoh masyarakat, 3orang kepala Dusun dan 5 orang BPD. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara,penelitian kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan Desa Nanga Meje terdapat beberapa tahapan yaitu :1). Perencanaan 2) pelaksanaan 3) pemanfaatan hasil 4) evaluasi pembangunan. Kesimpulan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan infrastruktur desa ini dapat dilakukan melalui keikutsertaan masyarakat dalam memberikan kontribusi guna untuk melancarkan pelaksanaan pembangunan dalam bentuk tenaga, material, sumbangan pemikiran, dan informasi yang berguna bagi pelaksanaan pembangunan. Keterlibatan masyarakat secara langsung dalam plaksanaan pembangunan merupakan proses awal untuk keberhasilan dalam suatu pembangunan. Pelaksanaan pembangunan di Desa Nanga Meje sangat mellibatkan masyarakat dan juga pihak yang terkait agar pelaksanaan kegiatan pembangunan terlaksana dengan baik, sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat Desa Nanga Meje. Oleh karena itu partisipasi masyarakat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari program pembangunan dan pengembangan masyarakat pedesaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E Adriana Elwan Kolong
Date Deposited: 26 Feb 2024 00:11
Last Modified: 26 Feb 2024 00:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15046

Actions (login required)

View Item View Item