Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Kupang

MAU, Maria Pesofranda (2024) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (918kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (378kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (764kB)

Abstract

Maria Pesofranda Mau, NIM 331 19 179 dengan judul skripsi “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kupang” di bawah bimbingan Ibu Dr. Yolinda Yanti Sonbay SE.,M.Sc selaku pembimbing I dan Ibu Viany Cecilia Pah SE.,M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial serta simultan antara variabel kompetensi sumber daya manusia (X1) dan akuntabilitas (X2) terhadap kualitas laporan keuangan (Y). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini yaitu pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kupang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari responden yang mengisi kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden yang diambil dari sebagian jumlah populasi sebanyak 60 orang pegawai. Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan alat analisis SPSS. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kompetensi sumber daya manusia (X1) berpengaruh secara signfikan terhadap kualitas laporan keuangan dengan nilai t hitung 2.140 > t tabel 2.042 dengan nilai signifikan 0.042 < 0.05. Secara parsial akuntabilitas (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dengan nilai t hitung 4.154 > t tabel 2.042 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Secara simultan diperoleh nilai F hitung 44.605 > F tabel 0.253 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi sumber daya manusia (X1) dan akuntabilitas (X2) terhadap kualitas laporan keuangan (Y). Berdasarkan hasil, penulis mengharapkan agar kedepannya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kupang dapat lebih meningkatkan lagi kompetensi sumber daya manusia dibidang pengetahuan, keterampilan dan perilaku agar kedepannya dapat menghasilkan kualitas laporan keuangan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Akuntabilitas dan Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Maria Pesofranda Mau
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:06
Last Modified: 06 Mar 2024 07:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15371

Actions (login required)

View Item View Item