Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (Studi Kasus Pengelolahan Unit Usaha Ikan Teri Pada Bumdes Desa Hadakewa Kabupaten Lembata)

LADJAR, Dedier Arvit Ata (2024) Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (Studi Kasus Pengelolahan Unit Usaha Ikan Teri Pada Bumdes Desa Hadakewa Kabupaten Lembata). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (Studi Kasus Pengelolahan Unit Usaha Ikan Teri Pada Bumdes Desa Hadakewa Kabupaten Lembata)” Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah “Bagaimana tata kelola pengelolaan Unit Usaha Ikan teri Pada Bumdes 7 Maret DiDesa Hadakewa Kabupaten Lembata ?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tata kelola pengelolaan Unit Usaha Ikan teri yang diterapkan oleh BUMDES “7 Maret” DiDesa Hadakewa Kabupaten Lembata. Teori yang digunakan adalah Good Coorporate Governance.Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari para informan secara langsung sedangkan data skunder diperoleh dari data-data yang berkaitan dengan variabel penelitian berupa literature, penelitian terdahulu, internet, dokumen pendukung maupun buku. Hasil penelitian menunjukan bahwa prinsip kooperatif Adanya kerja sama yang baik antar pemerintah Desa Hadakewa, pengurus BUMDes 7 Maret dan pihak luar dalam pengembangan unit usaha ikan teri dan pariwisata. Prinsip partisipatif partisipatif yang baik dari masyarakat Desa Hadakewa Dalam Pengembangan Unit usaha BUMDes 7 maret yakni unit usaha ikan teri dan pariwisata hal tersebut digambarkan melalui keterlibatan masyarakat secara langsung di setiap unit usaha baik usaha ikan teri maupun pariwisata. Prinsip transparansi Keterbukaan pemerintah Desa Hadakewa maupun pengurus BUMDes sangat baik informasi mengenai keuangan, kinerja dan juga pengelolahan BUMDes 7 maret sangat terbuka hal tersbeut dijabarkan melalaui adanya keterbukaan keuangan yang dapat diakses oleh masyrakat di halaman website resmi Desa hadakewa. Prinsip Akuntabel Mulai dari arah kebijakan sampe dengan laporan keuangan pada BUMDes 7 Maret di Desa Hadakewa sangat baik hal tersebut dibuktikan dengan arah kebijakan dan strategi BUMDes yang cukup baik mulai dari perencanaa awal sampe dengan proses pemasaran dan juga adanya document rencana usaha yang ada menjadi dasar hukum untuk dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, standar operasional prosedur (SOP) keuangan yang disusun berdasarkan dengan keputusan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 Pasal 58, yakni adanya laporan realisasi anggaran adanya laporan keuangan setiap 6 bulan dan juga adanya laporan keungan setiap tahun. Prinsip sustainable keberlanjutan BUMDes 7 maret sangat baik mengingat akses informasi mengenai harga dan juga penjualan dapat diakses kapanpun dan dimana sajah, mengingat informasi hal tersebut dapat diakses melalui media online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola, BUMDes, Desa Hadakewa, Good Coorpoarte Governance
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.IP Dedier Arvit Ata Ladjar
Date Deposited: 07 Mar 2024 14:13
Last Modified: 07 Mar 2024 14:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15525

Actions (login required)

View Item View Item