Analisis Pemanfaatan, Pengamanan Dan Pemeliharaan Aset Tetap Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Nagekeo

RE’E, Wihelemina Hartati (2024) Analisis Pemanfaatan, Pengamanan Dan Pemeliharaan Aset Tetap Pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Nagekeo. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (365kB)

Abstract

Wihelmina Hartati Re’e, Nim 33119020, dengan judul skripsi “ Analisis Pemanfaatan, Pengamanan dan Pemeliharaan Aset Tetap Daerah Pada Pemerintah Kabupaten Nagekeo” Skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Rere Paulina Bibiana, SE, M. Si selaku pembimbing I dan Ibu Viany Cecilia Pah, SE, M. Si selaku pembiming II. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Apakah pengelolaan aset tetap daerah pada Kabupaten Nagekeo sesuai dengan peraturan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 dari aspek pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan? (2) faktor apa saja yang menyebabkan gedung dan rumah jabatan Kabupaten Nagekeo tidak digunakan? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengelolaan aset tetap daerah pada Pemerintah Kabupaten Nagekeo sesuai peraturan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 dari aspek pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan. (2) untuk mengetahui faktor penyebab gedung dan rumah jabatan tidak di gunakan. Penelitian ini dilakukan pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Nagekeo. . Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menurut sifat dan menurut sumber. Jenis data menurut sifat yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, sedangan data menurut sumber yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data kualitatif dengan melakukan analisis pemanfatan, pengamanan dan pemeliharaan aset tetap daerah pada Kabupaten Nagekeo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan sistem pengelolaan aset tetap gedung dan rumah jabatan dari aspek pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari aspek tersebut ada beberapa bagian yang belum dijalankan sesuai dengan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016. Hal ini menyebabkan pemanfatan, pengamanan dan pemeliharaan aset tetap gedung dan rumah jabatan tersebut tidak digunakan. pembangunan aset tetap gedung dan rumah jabatan telah mengeluarkan dana yang sangat besar, namun bangunan tersebut tidak digunakan untuk kepentingan pemerintah. Faktor yang menyebabkan gedung dan rumah jabatan tersebut tidak digunakan yaitu tanah yang bersengketa serta kurangnya pengawasan terhadap pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan aset tetap gedung dan rumah jabatan tersebut. Saran kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo yaitu diharapkan Pemerintah Kabupaten Nagekeo supaya meningkatkan pengelolaan dengan mengadakan evaluasi rutin terhadap penggunaan aset, mengadakan sosialisasi, bimbingan dan melakukan pelatihan teknis bagi kepala OPD, mengoptimalkan pengawasan dengan melakukan pengecekan rutin terhadap pencatatatn aset yang dilakukan dengan kondisi aset yang ada di lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Aset Tetap Gedung dan Rumah Jabatan dari Aspek, Pemanfaatan, Pengamanan dan Pemeliharaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Wihelmina Hartati Re'e
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:17
Last Modified: 25 Mar 2024 00:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15742

Actions (login required)

View Item View Item