Pengaruh Kualitas Produk, Penataan Produk Dan Penjualan Perorangan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Borneo Bakery Di Kota Kupang

HENAKIN, Marianus (2023) Pengaruh Kualitas Produk, Penataan Produk Dan Penjualan Perorangan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Borneo Bakery Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (245kB)

Abstract

Marianus Henakin (32118004) Prodi Manajemen “Pengaruh Kualitas Produk, Penataan Produk dan Penjualan Perorangan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Borneo Bakery di Kota Kupang”. Penulisan Skripsi ini di bawah Bimbingan Bapak Drs. Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Maria Augustin Lopes Amaral, SE. MM selaku Dosen Pembimbing II. Keputusan pembelian oleh konsumen dilakukan melalui serangkaian proses yang telah dipertimbangkan terlebih dahulu dalam pengambilan keputusan pembelian, di mana konsumen dihadapkan pada beberapa alternatif, kemudian konsumen akan melakukan keputusan pembelian. Permasalahan di Toko Borneo Bakery adalah jumlah penjualan selama 3 tahun terakhir mengalami fluktuasi, yang disertai informasi kurangnya kualitas dan penataan produk, serta penyampaian penjual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi konsumen tentang kualitas produk, penataan produk, penjualan perorangan dan gambaran keputusan pembelian produk? 2) Apakah kualitas produk, penataan produk, dan penjualan perorangan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk? 3) Apakah kualitas produk, penataan produk, dan penjualan perorangan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Borneo Bakery di Kota Kupang? Jumlah populasi tidak diketahui dengan pasti, sehingga jumlah sampel yang ideal dan representatif diperoleh dari jumlah indikator dikalikan dengan skor 5 sampai 10. Pada penelitian ini, jumlah indikator sebanyak 16 dan nilai yang ditentukan adalah 7, sehingga jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 112. Alat analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menggambarkan kategori persepsi variabel kualitas produk 75,05% dalam kategori baik, penataan produk 72,05% dalam kategori baik, penjualan perorangan 73,72% dalam kategori baik dan keputusan pembelian 72,58% dalam kategori baik. Analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0.311X1 + 0.230X2 + 0.389X3. Hasil uji t menunjukkan variabel kualitas produk, penataan produk dan penjualan perorangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan variabel kualitas produk, penataan produk dan penjualan perorangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi adalah 0.752 atau 75,2%, artinya variabel keputusan pembelian pada Borneo Bakery, merupakan kontribusi dari variabel kualitas produk, penataan produk dan penjualan perorangan, sedangkan sisanya sebesar 24,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diikutsertakan ke dalam penelitian ini. Borneo Bakery perlu memperhatikan dan memilih kualitas bahan yang baik, membuat kemasan yang lebih tahan lama dan menambah variasi rasa produk. Penataan rak-rak agar tidak menumpuk, serta memajang produk yang lengkap. meningkatkan kualitas komunikasi dengan pelatihan tenaga penjual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Penataan Produk, Penjualan Perorangan dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Marianus Henakin
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:36
Last Modified: 25 Mar 2024 00:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15744

Actions (login required)

View Item View Item