Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Internal Aset Tetap Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2018-2021

DEMU, Maria Antonia Melania Anu (2024) Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Internal Aset Tetap Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2018-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (163kB)

Abstract

Maria Antonia Melania A. Demu, NIM 33118172, Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Internal Aset Tetap pada Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2018-2021” di bawah bimbingan Ibu Rere Paulina Bibiana, SE., M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Maria Goreti Malut, SE.,MM selaku Pembimbing II. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Sistem Pengendalian Internal Aset Tetap pada BKAD Kabupaten Flores Timur dan kesesuaiannya dengan PP No. 60 Tahun 2008?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Sistem Pengendalian Internal Aset Tetap pada BKAD Kabupaten Flores Timur dan kesesuaiannya dengan PP No. 60 Tahun 2008. Jenis data dalam penelitian ini, menurut sumber data adalah data primer dan data sekunder, menurut sifatnya adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan unsur Lingkungan Pengendalian terhadap Aset Tetap sudah diterapkan pada BKAD Kabupaten Flores Timur sesuai dengan PP No. 60 Tahun 2008 dilihat dari setiap sub unsur sudah berjalan baik sehingga menghasilkan lingkungan kerja yang efektif dan berpengaruh pada hasil laporan keuangan yang optimal. (2) Penerapan unsur Penilaian Risiko terhadap Aset Tetap sudah berjalan dengan baik pada BKAD Kabupaten Flores Timur sesuai PP No. 60 Tahun 2008 dilihat dari identifikasi dan analisis risiko yang dilakukan sehingga Kabupaten Flores Timur mendapat Opini WTP untuk pertama kali pada Tahun Anggaran 2021. (3) Penerapan unsur Kegiatan Pengendalian terhadap Aset Tetap pada BKAD Kabupaten Flores Timur sepenuhnya belum dilaksanakan sesuai PP No. 60 Tahun 2008 dilihat dari sub unsur pencatatan yang akurat dan tepat waktu terkait data yang diberikan beberapa OPD tidak akurat dan tepat waktu sehingga berdampak pada proses pengerjaan laporan yang tidak optimal. (4) Penerapan unsur Informasi dan Komunikasi terhadap Aset Tetap pada BKAD Kabupaten Flores Timur belum berjalan sesuai PP No. 60 Tahun 2008 disebabkan oleh informasi terkait Aset Tetap yang diberikan oleh beberapa OPD tidak akurat serta kurangnya komunikasi antara OPD dengan BKAD Kabupaten Flores Timur terkait pengelolaan Aset Tetap Daerah. (5) Penerapan unsur Pemantauan terhadap Aset Tetap pada BKAD Kabupaten Flores Timur secara eksternal belum sesuai dengan PP No. 60 Tahun 2008 disebabkan oleh BKAD Flores Timur belum melakukan pemantauan langsung terhadap setiap OPD dari proses pengelolaan sampai pada proses pelaporan Aset Tetap Daerah. Maka disarankan kepada BKAD Flores Timur agar lebih tegas pada setiap OPD dan lebih aktif dalam memantau langsung proses pengelolaan aset sampai pada pelaporan yang dilakukan oleh setiap OPD sehingga berdampak positif bagi hasil laporan dan penerapan Sistem Pengendalian Internal Aset Tetap pada Kabupaten Flores Timur dapat berjalan sesuai PP No. 60 Tahun 2008.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal, Aset Tetap
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Maria Antonia Melania A. Demu
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:06
Last Modified: 26 Mar 2024 06:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15761

Actions (login required)

View Item View Item