Pengaruh Gaya Hidup, Viral Marketing Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Sepatu Ventela Pada Mahasiswa FEB Unwira Kupang

MAHENDRA, Dedi Husril (2023) Pengaruh Gaya Hidup, Viral Marketing Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Sepatu Ventela Pada Mahasiswa FEB Unwira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (334kB)

Abstract

Dedi Husril Mahendra (32118038), dengan judul penelitian “Pengaruh Gaya Hidup, Viral Marketing dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Sepatu Ventela Pada Mahasiswa FEB Unwira Kupang” dibawah bimbingan Bapak Drs. Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku Pembimbing I dan Bapak Jou Sewa Adrianus, SE, MM selaku Pembimbing II. Sepatu ventela merupakan brand lokal asal Kota Bandung yang sedang trend di kalangan pengguna sepatu Sneakers. Perkembangan data penjualan sepatu Ventela di Indonesia selama tiga tahun terakhir dari tahun 2020-2022, mengalami fluktuasi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui gambaran konsumen tentang Gaya Hidup, Viral Marketing, Kepercayaan Merek dan Loyalitas Pelanggan Produk Sepatu Ventela Pada Mahasiswa FEB Unwira Kupang. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh Gaya Hidup, Viral Marketing dan Kepercayaan Merek secara parsial dan simultan terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Sepatu Ventela Pada Mahasiswa FEB Unwira Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FEB Unwira Kupang yang berulang menggunakan produk Sepatu Ventela yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel dalam penelitian ini yaitu 91 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini menurut sumbernya yaitu data primer dan data sekunder, sedangkan menurut sifatnya meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial (SPSS). Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel Gaya Hidup, Kepercayaan Merek dan Loyalitas Pelanggan, semua variabel ini termasuk dalam kategori baik, sedangkan Viral Marketing termasuk kategori cukup baik. Hasil analisis statistik inferensial (SPSS) menunjukkan bahwa : (1) gaya hidup berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (2) viral marketing dan kepercayaan merek secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. (3) Gaya Hidup, Viral Marketing, Kepercayaan Merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Nilai koefisien determinasi (R2) variabel loyalitas pelanggan sebesar 70,3%, sisanya sebesar 29,7% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Perusahaan Sepatu Ventela agar meningkatkan kualitas, dan kenyamanan produknya, seperti menambahkan gabus bagian dalam sepatu, agar nyaman dipakai dan kulit kaki tidak lecet, menggunakan kain yang bisa menyerap keringat pada kaki ketika digunakan saat beraktifitas. Perusahaan Ventela juga perlu memilih cara mempromosikan produk yang menarik, yaitu membuat konten kolaboratif yang melibatkan selebriti dan influencer, seperti mempromosikan juga membicarakan kualitas sepatu mengenai ketebalan dan tahan lama serta bahan yang digunakan untuk membuat sepatu ventela ini. Perusahaan perlu meningkatkan kejujuran dalam suatu merek, yaitu berusaha selalu jujur dan terbuka kepada pelanggan mengenai kualitas sepatu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Viral Marketing, Kepercayaan Merek dan Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Dedi Husril Mahendra
Date Deposited: 19 Apr 2024 00:16
Last Modified: 19 Apr 2024 00:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15927

Actions (login required)

View Item View Item