Eksistensi Budaya Penti Ditengah Arus Perkembangan Zaman Bagi Masyarakat Kelurahan Bangka Leda Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai

SINRIANA, Maria (2024) Eksistensi Budaya Penti Ditengah Arus Perkembangan Zaman Bagi Masyarakat Kelurahan Bangka Leda Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB)

Abstract

Eksistensi Budaya Penti Ditengah Arus Perkembangan Zaman Bagi Masyarakat Kelurahan Bangka Leda Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengetahui eksistensi budaya penti ditengah arus perkembangan zaman bagi masyarakat di kelurahan Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang eksistensi budaya penti di tengah arus perkembangan zaman. Penilitian ini melibatkan informan yang terdiri dari ketua adat, masyarakat dan kaum muda . Dengan menggunakan indikator eksistensi menurut Karl Jaspers (1970 ) yaitu Transendensi, Pikiran, Dan Tindakan. Dengan menggunakan indikator tersebut kemudian dijadikan acuan peneliti yang mengenai eksistensi budaya penti ditengah arus perkembangan zaman bagi masyarakat. Berdasarkan hasil dari penelitian ini eksistensi budaya penti tidak pernah dilakukan lagi, karena dengan berkembangnya zaman yang mempengaruhi pola pikir masyarakat terkait dengan pelaksanaan upacara penti dan faktor ekonomi. Perubahan dalam pola pikir dan pandangan terhadap tradisi dapat menyebabkan kelalaian dalam melaksanakan upacara penti ini, tindakan yang mestinya dilakukan terkait dengan ketidaklaksanaan upacara penti yang dimana pastinya melibatkan upaya untuk melestarikan untuk dikembangkan kembali serta dukungan dari masyarakat, karena upacara penti tidak bisa dilakukan tanpa adanya kesepakatan bersama karena peran dan partisipasi masyarakat sangat penting terkait dengan pelaksanaan dan pengembangan budaya penti ini, karena upacara penti ini sangat penting dan yang mestinya perlu dikembangkan karena dapat mengakibatkan pemudaran dan dukungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi Budaya Penti ditengah Arus Perkembangan Zaman Bagi Masyarakat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Maria Sinriana
Date Deposited: 06 May 2024 05:08
Last Modified: 06 May 2024 05:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16020

Actions (login required)

View Item View Item