Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Pembangunan Desa Loofoun Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka

DE ARAÙJO, Gracia Evania (2024) Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Pembangunan Desa Loofoun Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Pembangunan Desa Loofoun Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kepemimpinan kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan pembagunan. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala desa meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan pembangunan desa di Desa Loofoun Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka. Penelitian ini menggunakan teori dari Kartini, Kartono (1999:38-39) dimana terdapat empat indikator dari partisipasi yaitu 1) mempunyai kekuasaan dan kewibawaan, 2) meningkatkan partisipasi Masyarakat dalam pembangunan, 3) mempunyai kemampuan mempengaruhi orang lain demi pencapaian tujuan, 4) memberi motivasi kelompok menuju sasaran. Untuk mengetahui partisipasi yang dilakukan oleh pemimpin dan masyarakat desa loofoun, penulis melakukan penelitian dengan mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan, sedangkan sumber dara sekunder diperoleh melalui buku-buku, dan dokumen resmi dari Kantor Desa Loofoun dan instansi terkait dengan penelitian ini. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Aparat Desa dan Masyarakat Desa Loofoun. penelitian, menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa Loofoun, belum berjalan secara efektif. Hal ini ditandai dengan tingkat output yang lebih besar daripada input sehingga partisipasi dalam pembangunan desa tidak berjalan dengan baik dalam pembangunan di desa loofoun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kepala desa, partisipasi masyarakat, pemabangunan desa.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Grácia Evânia De Araújo
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:19
Last Modified: 10 Oct 2024 03:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16860

Actions (login required)

View Item View Item