FRANS, Joevinca Eleonora (2024) Dampak Karakteristik Parkir Terhadap Kemacetan (Studi Kasus: Ruas Jalan Sekitar Hyperstore Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (420kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (741kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (815kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (569kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
Abstract
Adanya Hyperstore di kawasan Tuak Daun Merah yang merupakan tata guna lahan perdagangan menyebabkan banyaknya tarikan pergerakan menuju tempat tersebut. Kurangnya lahan parkir di kawasan Hyperstore Kupang menyebabkan kurang terkendalinya aktivitas parkir yang menyebabkan banyaknya parkir di bahu jalan. Hal ini berdampak pada menurunya kinerja lalu lintas karena tingginya hambatan samping akibat parkir di bahu jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak karakteristik parkir terhadap kemacetan di lokasi penelitian. Metode yang digunakan adalah membandingkan hasil analisis karakteristik parkir menggunakan pedoman dari Dirjen Perhubungan Darat dengan hasil analisis kinerja jalan menggunakan PKJI tahun 2023. Berdasarkan hasil penelitian, indeks parkir tertinggi pada bahu jalan Hyperstore terjadi pada kendaraan sedang (KS) sebesar 100% dan indeks parkir tertinggi pada bahu jalan pertokoan Tiga Putra terjadi pada sepeda motor (SM) sebesar 67%. Dalam kondisi eksisting (parkir di kedua sisi bahu jalan), nilai kapasitas jalan sebesar 2583,0 smp/jam, nilai derajat kejenuhan sebesar 0,84 dan termasuk dalam kategori pelayanan D. Jika diterapkan parkir di satu sisi bahu jalan maka nilai kapasitas jalan menjadi sebesar 2709,0 smp/jam, nilai derajat kejenuhan menjadi sebesar 0,80 dan termasuk dalam kategori pelayanan C . Jika diterapkan parkir di bahu jalan ditiadakan, maka nilai kapasitas jalan menjadi sebesar 2992,5 smp/jam, nilai derajat kejenuhan sebesar 0,73 dan termasuk dalam kategori pelayanan C yang berarti bahwa tingkat pelayanan jalan meningkat sebesar 10% saat aktivitas parkir ditiadakan. Jika aktivitas parkir tidak dapat dihilangkan sepenuhnya maka berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan dengan pembatasan parkir di satu sisi bahu jalan sehingga kapasitas yang ada tidak semakin menurun dibandingkan dengan parkir di kedua sisi bahu jalan serta bagi kendaraan sedang (KS) untuk tidak memarkirkan kendaraan di bahu jalan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Parkir, PKJI 2023, Kinerja Ruas Jalan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Joevinca Eleonora Frans |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:02 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:02 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17096 |
Actions (login required)
View Item |