Pemanfaatan Live Streaming Tiktok Sebagai Media Pemasaran (Studi Kasus pada akun tiktok @Toko Bintang Marwa Kupang)

THAAL, Melania (2024) Pemanfaatan Live Streaming Tiktok Sebagai Media Pemasaran (Studi Kasus pada akun tiktok @Toko Bintang Marwa Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SUKET BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (297kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pemanfaatan live streaming tiktok sebagai media pemasaran” Studi Kasus Pada akun tiktok @Toko Bintang Marwa Kupang. Penelitian ini dilakukan karena peneliti menyadari bahwa penggunaan tiktok zaman sekarang menjadi fenomena yang sangat poluler bagi semua kalangan masyarakat. Dengan demikian banyak orang yang menggunakan live streaming tiktok untuk melakukan pemasaran dan membeli produk yang dipasarkan. Konsep yang dipakai dalam penelitian yakni komunikasi, komunikasi pemasaran, media sosial, pemasaran digital, sosial media marketing dan tiktok, dengan indikator attention, interest, search, action, dan share, serta metode studi kasus dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi secara langsung dan secara virtual dengan menggunakan Model AISAS yang digagas oleh Denstu yakni attention, interest, search, action and share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Bintang Marwa Kupang memanfaatkan live streaming tiktok sebagai media pemasaran untuk menarik perhatian customers. Maka pada tahap attention, Toko Bintang Marwa mampu menyajikan konten yang membentuk perhatian dan membangun kesadaran customers.Tahap interest, Toko Bintang Marwa mampu membangun ketertarikan customers dari segi keunggulan produk dan kebutuhan customer. Tahap search pengumpulan informasi produk. Tahap action, tahap pembelian produk melalui live streaming tiktok. Tahap share, customers memberi feedback terhadap produk yang diinginkan. Dengan demikian, penulis dapat menyimpulkan bahwa agar meningkatkan jumlah pengunjung perlunya menggunakan strategi pemasaran yang tepat, dengan menggunakan media sosial agar bisa menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Saran yang penulis berikan kepada Toko Bintang Marwa agar konsisten menggunakan media sosial sebagai salah satu media pemasaran untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Live Streaming Tiktok, Media Pemasaran, AISAS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Melania Thaal
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:38
Last Modified: 15 Oct 2024 06:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17148

Actions (login required)

View Item View Item