WUNU, Fransiskus Xaverius Umbu (2024) Efektivitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua Pada Kantor Samsat Kabupaten Sumba Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (775kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (118kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN PLAGIASI.pdf Download (220kB) |
Abstract
Fransiskus Xaverius Umbu Wunu, Skripsi 2024, Ëfektivitas Pelayanan pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua Pada Kantor SAMSAT Kabupaten Sumba Tengah” dibimbing oleh Yasinta P. Peten, S. Sos., M. Si dan Drs. Frans Nyong, M.Si. Pajak kendaraan bermotor adalah pajak atas kepemilikan atau penguasaan kendaraan bermotor Melalui kantor Sistem Administrasi Manunggal dibawah Satu Atap (SAMSAT) Sumba Tengah melakukan pelayanan pajak diselenggarakan bagi setiap masyarakat wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua Pada kantor SAMSAT Kabupaten Sumba Tengah dan faktor penghambat pelayanana pajak kendaraan bermotor roda dua dikantor SAMSAT Kabupaten Sumba Tengah.Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 6 orang dengan masing-masing 3 masyarakat wajib pajak, 2 petugas pelayanan pajak kendaraan bermotor dan 1 orang Kepala UPTD Kantor SAMSAT Kabupaten Sumba Tengah.Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik menganaliss data menggunakan metode deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pajak dikantor SAMSAT Kabupaten Sumba Tengah sudah cukup efektif ketika diukur menggunakan 3 kriteria efektivitas pelayanan menurut Siagian (2006) yaitu waktu, kecermatan dan gaya pemberian pelayanan. Terdapat 4 faktor penghambat dalam pelayanan pajak dikantor SAMSAT Sumba tengah seperti kurang adanya kesadaran dari masyarakat wajib pajak, Tidak adanya Sarana penunjang pelayanan dalam hal ini ketersediaan Genset agar ketika adanya pemadaman Lampu pelayanannya masih terus berlangsung, Pemanfaatan Teknologi informasi dan komunikasi dalam memberikan informasi terkait pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor Roda dua di Kantor SAMSAT Kabupaten Sumba Tengah masih kurang maksimal seperti tidak dikelola secara baik website SAMSAT Kabupaten Sumba Tengah, dan informasi pelayanan pajak seperti prosedur dan persyaratan pelayanan belum tersebar luas kepada masyarakat sehinga menyebabkan masyarakat wajib pajak kekurangan informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pelayanan, Pajak, Kendaraan bermotor. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Fransiskus Xaverius Umbu wunu |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 01:38 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:38 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17420 |
Actions (login required)
View Item |