Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar

NGINDANG, Maria Karolina (2024) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SUKET BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa SMP dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Kupang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga orang siswa kelas IX, yang terdiri dari satu orang siswa yang berkemampuan tinggi, satu orang siswa yang berkemampuan sedang dan satu orang siswa yang berkemampuan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukanKemampuan pemahaman konsep matematis subjek berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar tidak tergolong tinggi karena hanya menguasai dua indikator pemahaman konsep matematis. Kemampuan pemahaman konsep matematis subjek berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar tergolong sedang karena memenuhi dua indikator pemahaman konsep matematis. Kemampuan pemahaman konsep matematis subjek berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar tergolong rendah karena hanya memenuhi 1 indikator. Peneliti menyarankan, hendaknya guru memeperhatikan kemampuan pemahaman konsep siswa yang berbeda-beda. Sehingga dapat memberikan penjelasan yang lebih rinci terhadap siswa yang kurang memahami materi yang diajarkan dan hendaknya penelitian ini dapat menjadi bahan perbandingan kepada peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Maria Karolina Ngindang
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:19
Last Modified: 23 Oct 2024 02:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17474

Actions (login required)

View Item View Item