Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Promosi Cashback Dan Kepercayaan Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Remaja Menggunakan E-Wallet Shopeepay Pada Aplikasi Shopee Di Kota Kupang

PANGO, Estin Anggraini (2024) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Promosi Cashback Dan Kepercayaan Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Remaja Menggunakan E-Wallet Shopeepay Pada Aplikasi Shopee Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN KETERANGAN PLAGIAT.pdf

Download (222kB)

Abstract

Estin Anggraini Pango (32119118), dengan judul penelitian “Pengaruh Persepsi kemudahan Penggunaan, Promosi Cashback, dan Kepercayaan Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Remaja Menggunakan E-wallet ShopeePay Pada Aplikasi shopee Di Kota Kupang” di bawah bimbingan Bapak Drs.Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku pembimbing I dan Bapak Engelbertus G.C Watu, SE, MM selaku pembimbing II. E-wallet ShopeePay adalah dompet digital yang dikeluarkan oleh PT Airpay internasional Indonesia, di resmikan oleh Bank Indonesia pada Agustus 2018 dan pada januari 2019 resmi diluncurkan. ShopeePay menjadi dompet digital untuk remaja melakukan pembayaran di aplikasi shopee, shopeePay memiliki banyak keuntungan seperti promo gratis ongkir, potongan harga, voucher cashback 90% S/d 17.000. perkembangan penggunaan shopeepay di Kota kupang mengalami fluktuasi selama 5 tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui gambaran persepsi kemudahan penggunaan, promosi cashback, kepercayaan dan keputusan remaja menggunakan e- wallet shopeePay pada aplikasi shopee di kota kupang (2) unruk mengetahui signifikansi pengaruh persepsi kemudahaan penggunaan, promosi cashback dan kepercayaan secara parsial terhadap keputusan remaja menggunakan e-wallet shopeePay pada aplikasi shopee di Kota Kupang (3) untuk mengetahui signikansi pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, promosi cashback dan kepercayaan secara simultan terhadap keputusan remaja menggunkan e-wallet shopeePay pada aplikasi shopee di Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang berusia 17-24 tahun dan perpendidikan minimal duduk di bangku SMA/Sederajat yang pernah bertransaksi menggunakan dompet digital (e-wallet) shopeepay dan berdomisili di Kota Kupang, yang jumlah tidak diketahui secara pasti. Sampel dalam penelitian ini yaitu 105 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner melalui google form. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif mengambarkan varibel persepsi kemudahan penggunaan, promosi cashback, kepercayaan dan Keputusan pembelian (Y) termasuk dalam kategori baik, sehingga hipotesis ditolak. Hasil Analisis Statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 0,209X1 +0,130X2 +0,575X3. Hasil uji t diperoleh thitung untuk persepsi kemudahan penggunaan sebesar 2,515 dengan nilai signifikan sebesar 0,013, di mana nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05, promosi cashback sebesar 1,315 dengan nilai signifikan sebesar 0,191, dimana nilai signifikansinya lebih besar dari 0,05, dan variabel kepercayaan sebesar 5,411 dengan nilai signifikan 0,000, di mana nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hasil uji Fhitung sebesar 100,976 dengan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan menjelaskan kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 74,3%, sedangkan sisanya sebesar 27,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Bagi shopee perlu meningkatkan alternatif yang lebih dipahami dan menampilkan fitur-fitur baru yang ada pada shopeePay, dan perlu konsisten dalam memperhatikan keaslian produk dan menyediakan produk bermutu yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi kemudahan penggunaan, Promosi cashback, Kepercayaan, dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Estin Anggraini Pango
Date Deposited: 20 Dec 2024 00:39
Last Modified: 20 Dec 2024 00:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/18558

Actions (login required)

View Item View Item