Pendampingan Percepatan Penguasaan Kemampuan Menghitung Siswa SDN Danau Ina Kelurahan Oesapa melalui Strategi “Kakakku Guruku”

DOSINAENG, Wilfridus Beda Nuba and USKONO, Irmina Veronika and FERNANDEZ, Michael and MERYANI, Lakapu and DONI, Yohanes Demon (2024) Pendampingan Percepatan Penguasaan Kemampuan Menghitung Siswa SDN Danau Ina Kelurahan Oesapa melalui Strategi “Kakakku Guruku”. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 15 (3). pp. 465-471. ISSN 2528-5041

[img] Text
Pendampingan Percepatan Penguasaan Kemampuan Menghitung Siswa SDN Danau Ina Kelurahan Oesapa Melalui Strategi “Kakakku Guruku”.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
Official URL: https://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

Abstract

Mitra dalam kegiatan PkM ini yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang dengan sekolah sasarannya yaitu SDN Danau Ina Oesapa. Masalah utama yang dialami mitra khususnya di sekolah sasaran yaitu masih sangat tertinggalnya pencapaian kompetensi para siswa Kelas 2 jika dibandingkan dengan tuntutan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 sebagai dampak dari diadakannya peraturan belajar dari rumah ketika mereka masih berada di Kelas 1. Untuk mempercepat pencapaian kompetensi para siswa maka, berdasarkan hasil diskusi bersama mitra, Tim PkM melaksanakan suatu kegiatan pendampingan percepatan kemampuan menghitung dengan tema “Kakakku Guruku”. Untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, Tim PkM melibatkan para mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Bimbingan Konseling sebagai kakak-kakak guru yang akan membantu para siswa belajar dalam kelompokkelompok kecil. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Kegiatan PkM yang telah dilaksanakan efektif dalam membantu para guru dalam mempercepat kemampuan menghitung para siswa SDN Danau Ina Oesapa. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa dari nilai 20 di pretest menjadi 70.5 di posttest. Pihak sekolah pun merasa terbantu dengan kegiatan yang dilakukan; hal ini terlihat dari permintaan sekolah agar kegiatan ini dapat menjadi suatu kegiatan yang berkelanjutan terus ke depannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: “Kakakku guruku”; PAKEM; percepatan kemampuan menghitung;pendidikan matematika; bimbingan dan konseling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Damianus Dami
Date Deposited: 10 Oct 2025 07:00
Last Modified: 10 Oct 2025 07:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20122

Actions (login required)

View Item View Item