Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

TABUN, Dedi Paulus (2019) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah interaksi teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan aljabar tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik dengan metode regresi sederhana.. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik statistik inferensial yang menggunakan bantuan program SPSS 22. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Adhyaksa 2 Kupang dengan populasi kelas VII sebanyak 2 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 20 orang yang dipilih secara acak dari populasi dengan teknik claster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket dan lembar tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Berdasarkan hasil perhitungan uji linearitas diperoleh nilai Ftabel = 4.38 karena nilai signifikansi = 0.357 > 0.05 = α dan Fhitung= 1.751 < 4.38 = Ftabel maka terima H0, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Interaksi Teman Sebaya (variabel X) dan Prestasi Belajar (variabel Y) terdapat hubungan yang linear. Hasil analisis interaksi teman sebaya terhadap prestasi belajar diperoleh nilai a (konstanta) = 12.024 b (koefisien regresi) =0.289, dengan demikian persamaan regresinya sebagai berikut :Y = 12.024 + 0.289. Jadi dapat disimpulakn bahwa ada pengaruh secara signifikan Interaksi Teman Sebaya terhadap Prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 04 May 2020 00:59
Last Modified: 04 May 2020 00:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item View Item