Tata Kelola Pelayanan Kepada Masyarakat Oleh Aparatur Kecamatan (Studi Kasus Di Kantor Camat Wewiku Kabupaten Malaka)

KLAU, Edmundus (2019) Tata Kelola Pelayanan Kepada Masyarakat Oleh Aparatur Kecamatan (Studi Kasus Di Kantor Camat Wewiku Kabupaten Malaka). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (185kB)

Abstract

Persoalan utama dalam penelitian adalah Bagaimanakah Tata Kelola Pelayanan publik Kepada Masyarakat Oleh Aparat Di Kantor Camat Wewiku Kabupaten Malaka?. Tujuannya untuk menggambarkan Tata Kelola pelayanan publik kepada masyarakat oleh aparat Kecamatan di Kantor Camat Wewiku Kabupaten Malaka, untuk menjelaskan masalah pokok diatas, maka dibangun teori tentang pelayanan publik, tata kelola,konsep kecamatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sumber data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden. Sedangkan data sekunder melalui catatan-catatan,pustaka, arsip yang tidak berkenan langsung dengan responden atau informan. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif yaitu suatu teknik dengan permasalahan atau fenomena yang ada serta menjelaskan secara menyeluruh hal yang berkaitan dengan Tata Kelola Pelayanan kepada masysrakat oleh aparat kecamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa:(1)Transparansi dalam memberikan pelayanan, yakni keterbukaan dalam memberikan pelayanan baik oleh pemberi layanan (Aparatur Kecamatan) maupun oleh penerima Layanan.(2) Tata Kelola Pelayanan Kepada Masyarakat oleh Aparatur di Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka terkait dengan lamanya waktu pelayanan permohonan dan waktu penyelesaian layanan ditemukan bahwa waktu pelayanan dan penyelesaian layanan terbuka dan tidak ada yang ditutup-tutupi serta semua berpatokan pada Standar Operasional Prosedural (SOP), baik itu dalam pengurusan pembuatan E-KTP, Pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Pembuatan Surat Ijin Penelitian. (3) Tata Kelola Pelayanan Kepada Masyarakat Oleh Aparatur Kecamatan Studi Kasus di Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka berkaitan dengan tentang pemberi pelayanan harus bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sudah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dalam standar operasional Prosedural.(4)kesimpulan bahwa Tata Kelola Pelayanan Kepada Masyarakat Oleh Aparatur Kecamatan Studi Kasus di Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka berkaitan dengan tentang sikap dan perilaku aparatur dalam memberikan pelayanan semua petugas yang ada di Kantor Camat Wewiku dalam melayani masyarakat Dengan demikian kesimpulanya bahwa Dalam memberikan pelayanan kepada publik, tentunya harus memiliki Tata cara/ Tata Kelola pelayanan yang baik. Adapun saran yang ingin penulis sampaikan Berdasarkan uraian kesimpulan diatas, penulis menyarankan kepada Camat beserta Seluruh Stafnya agar segera memperbaiki Sarana dalam hal ini alat-alat yang saat ini rusak , agar kedepannya proses pelayanan yang diberikan lebih mencapai tingkat Maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola Pelayanan publik, Masyarakat, Aparat, Kantor Camat Wewiku Kabupaten Malaka
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 15 Aug 2020 02:47
Last Modified: 15 Aug 2020 02:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2962

Actions (login required)

View Item View Item