Analisis Mutu Pelayanan Pendidikan Sekolah Luar Biasa Pembina Kupang

DUKA, Bela YAnti (2019) Analisis Mutu Pelayanan Pendidikan Sekolah Luar Biasa Pembina Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (148kB)

Abstract

Mutu pelayanan disekolah diukur berdasarkan standar pelayanan yang dipakai sekolah, dikatakan bermutu jika semua indikator,aspek-aspek di terapkan dengan baik serta ditunjang dengan prinsip yang dipakai oleh tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis pelayanan pendidikan yang ada di SLB dan untuk mengetahui prinsip yang dipakai dalam peningkatan pelayanan. Peneliti menggunakan konsep Evelyn Denodan Ronald Taylor tentang Sekolah Reguler bagi ABK sebagai kerangka analisisnya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif .Yang menjadi informan penelitian adalah Kepala Bidang PKLK, Kepala Sekolah SLB Pembina, Guru/Tenaga Pendidik, Anak Berkebutuhan Khusus dan Orangtua dari ABK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data,display dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan pendidikan di SLB Pembina cukup baik karena apa yang menjadi standar pelayanan mampu diterapkan secara baik di sekolah ini. Peserta didik sudah berani kesekolah bahkan menciptakan prestasi-prestasi kecil disetiap proses belajar. Orang tua juga puas dengan pelayanan yang diberikan sekolah untuk anak mereka. Sumber daya (guru, ABK, orangtua), metode belajar, serta sarana prasarana menjadi kunci kebermutuan sekolah. Prinsip pendukung peningkatan pelayanan pendidikan yang harus dipakai oleh Tenaga didik yakni: prinsip motivasi, keterarahan, latar/konteks, hubungan sosial, belajar sambil bekerja/praktik, individual, menemukan dan memecahkan masalah. Dengan demikian ,ada beberapa saran yang perlu diperhatikan yakni ,mempertahankan semua sumberdaya, metode dan alat penunjang yang telah digunakan atau diterapkan dengan baik sehingga banyak tercipta prestasi-prestasi dari ABK untuk sekolah . Dan dengan semua keberhasilan itu dunia pendidikan menjadi lebih berkembang dan menghasilkan ABK yang berguna bagi bangsa dan Negara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, SLB, Mutu Pelayanan, Pelayanan pendidikan.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Aug 2020 05:48
Last Modified: 21 Aug 2020 05:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2987

Actions (login required)

View Item View Item